Tujuan, Jenis dan Teknik Membaca Ekstensif

Tujuan, Jenis dan Teknik Membaca Ekstensif

Tujuan, Jenis dan Teknik Membaca Ekstensif

Tujuan, Jenis dan Teknik Membaca Ekstensif
Tujuan, Jenis dan Teknik Membaca Ekstensif

Tujuan Membaca Ekstensif

Tujuan membaca ekstensif atau membaca cepat yaitu:
Untuk menemukan isi teks wacana dalam waktu singkat
Untuk memahami isi buku secara singakt dengan hanya mengetahui garis besarnya
Untuk mendapat pemahaman yang dangkal dengan mengetahui inti bacaaan.
Untuk mengetahui kesan pembaca ihwal teks bacaan
Untuk menemukan acuan yang tepat.

Jenis-Jenis Membaca Ekstensif

Adapun tipe atau jenis membaca intensif berdasarkan Broughton yaitu:

Membaca Sekilas
Membaca sekilas ialah teknik membaca cepat untuk mengetahui informasi yang ada dalam teks dengan mencari melalui poin yang ada dalam teks. Membaca sekilas juga disebut dengan skimming atau scaning. Menurut Soedarsono, skimming berfungsi mengetahui informasi teks berupa tema atau isi wacana, opini atau pendapat orang dan informasi lainnya.

Membaca Survey
Membaca survey ialah salah satu jenis membaca ekstensif yang berfungsi untuk mengetahui hal umum ihwal sebuah teks, contohnya hanya membaca judul, daftar isi, nama pengarang dan lain sebagainya. Biasanya jenis membaca survey dipakai dalam mencari materi acuan untuk menunjang karya yang disusun.

Membaca Dangkal
Membaca dangkal atau superficial reading ialah jenis membaca ekstensif yang bertujuan untuk mengetahui informasi secara dangkat atau yang bersifat umum dari sebuah tek atau wacana yang akan dibaca, pembaca ahanyabisa mengetahui hal yang bersifat umum.

Teknik dan Cara Membaca Ekstensif

Ada beberapa teknik dan cara membaca ekstensif, diantaranya:

Teknik Baca-Lompat (Skipping)

Teknik membaca iini dlakukan dengan cara melompati bab bacaan atau buku yang dianggap tidak berisi informasi yang diharapkan oleh pembaca.

Teknik Baca-Pilih (Selecting)

Teknik membaca ini dilakukan dengan cara menentukan bab dari suatu bacaan atau buku yang berisi informasi yang diharapkan dan tidak harus membaca bacaan atau buku tersebut secara keseluruhan.

Teknik Baca-Tatap (Scanning)

Teknik membaca ini ialah teknik membaca sekilas dan cepat namun teliti. Teknik baca ini dilakukan untuk mengetahui informasi khusus dalam sebuah bacaan menyerupai mencari arti kata dalam kamus, mencari istilah dalam ensiklopedia dan lain sebagainya.

Teknik Baca-Layap (Skimming)

Teknik ini ialah cara membaca sekilas suatu bacaan atau buku secara menyeluruj untuk mengetahui citra secara umum dari bacaan tersebut contohnya mencari topik bacaan, isi buku dan hal penting lainnya.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-integritas-fungsi-tujuan-manfaat-ciri-ciri-pribadi.html