7 Sebab Wanita Menunda Menikah

7 Sebab Wanita Menunda Menikah

7 Sebab Wanita Menunda Menikah

7 Sebab Wanita Menunda Menikah
7 Sebab Wanita Menunda Menikah

Setiap wanita pastinya ingin hidup bahagia, disayang dan dimanjakan oleh pria, ingin cepat berumah tangga, hampir seluruh manusia jenis perempuan ingin menikah, jikapun ada yang tidak ingin menikah, sudah bisa dipastikan itu tidak normal.Banyak kita temukan disekeliling kita peremuan atau wanita yang masih hidup dengan kesendirian padahal menurut perhitungan usia sudah seharusnya menikah, bahkan ada yang sudah mencapai usia lanjut 30-40 tahun, dan terkadang mereka itu bukan dari golongan menengah kebawah, rupa yang cantik dan matreal yang cukup sudah ada padanya namun belum juga ada gerakan untuk meniti tangga pelaminan.
Kenapa bisa terjadi hal demikian.? Kenapa banyak wanita yang berstatus perawan tua.? inilah yang akan menjadi pembahasan hangat, akan membongkar Penyebab wanita menjadi perawan tua, dari berbagai sudut pandang, seperti agama dan sosial.
7 Sebab wanita belum menikah dan Berujung menjadi perawan tua:

1.Faktor Takdir

Jika membahas tentang takdir hanya Allah yang mengetahui alur cerita hidup manusia, namun manusia hanya bisa berupaya dan berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. jika memang Allah sudah menetapkan suatu keadaan pada seseorang, tiada satupun makhluk yang mampu merubahnya. Wanita yang menjadi perawan tua, mungkin sudah menjadi takdir yang melekat pada diri seseorang.

2.Faktor Karir

Ini adalah prinsip bagi sikap wanita namun hanya sebagian wanita yang berperinsip memperdulikan karirnya dan mengesampingkan untuk menikah, pada dasarnya sudah ada lamaran yang sampai kepadanya namun tetap saja menolak kerena sudah merasa nyaman dan mengutamakan karirnya, biasanya bagi mereka yang sudah masuk pada ranah hal ini akan mengalami defresi saat karirnya jatuh.

3.Faktor Bimbang

Inilah yang kerap terjadi bagi wanita masa kini dan terjadi di negara indonesia khusunya, wanita yang selalu memiliih dan memililah pria, menutut banyak sehingga menolak lamaran yang sudah datang, selalu berharap yang terbaik menurutnya. ini akan membuat dirinya terhina sendiri, dan akan merasakan penyesalan yang sangat mendalam.

4.Faktor Gengsi

Biasanya ini berkaitan dengan mahar atau mas kawin, ada sifat wanita yang selali mengukur harga diri dengan jumlah mahar, menetapkan maharanya yang itu jauh dari kemampuan banyak laki-laki. Hal ini sanghat dilarang agama, namun terkadang ini datangnya bukan dari wanita tersebit tapi dari orang tua juga yang buta akan harta.

5.Faktor sikap

Bisa dikatakan ini adalah hukuman atau yang biasa dikenal masyrakat kualat, perempuan atau wanita yang selalu menujukkan sikap otoriter atau diktator akan membuat laki-laki berpikir seribu kali untuk melamarnya, hal ini kerap terjadi dan tanpa disadari oleh wanita tersebut, tidak sadar dengan sikapnya dan ketika sudah sampai usia 27-30 tahun baru mengadu kepada Allah dan mengeluh ke orang tua, kenapa aku belum mendapatkan jodoh.
Logisnya, laki-laki merupakan pemimpin rumah tangga yang memipin keluarganya, jika orang yang akan dipimpin memiliki sikap otoriter dan keras, akan membuat laki-laki mundur,, jika tetap mau pun akan mempertimbangkan sematang mungkin tapi itu hanya 2% laki-laki yang mau dan mampu.

6.Faktor Keluarga

Ini juga beperngaruh, banyak yang mengatakan ini sudah masuk pada ranah takdir, namun hanya sedikit terjadi di negara kita, kesalahan orang tua yang berimbas kepada anaknya, seperti orang tua yang kriminal atau berada pada jalan yang sesat, sehingga laki-laki akan enggan untuk mempersunting anak perempuannya.

7.Faktor Fanatik

Ini hampir sama pada faktor sikap, namun faktor fanatik ini lebih condong pada agama dan keyakinan. wanita yang selalu mengejek dan menghina laki-laki yang tidak satu pemikiran dan pemahaman dengannya. ini kerap terjadi pada kalangan wanita islam (Akhwat) yang salah dalam berperilaku. jiwa atau sikap fanatik yang mengundang kebencian terhadap laki-laki.
Laki-laki biasa yang berniat baik untuk meminangnya namun bukannya jawaban yang ia lontarkan malah ucapaan yang tidak wajar dan lebih parah lagi mengumbar ke teman-temannya.
“Isss,,, saya tidak suka,, dia tidak pernah ikut pengajian (Halaqoh/Pertemuan membahas hakikat Agama),,,, saya tidak suka,, dia jorok dan perokok, saya tidak suka karena dia tidak pernah belajar kitab.
Ini kerap kali terjadi,sering kali terjadi di sekeliling kita, jika memang menolak lamaran karena suatu alasan hendaklah disampaikan dengan baik tanpa ada menyinggung perasaan, dalam islam tidak boleh menolak lamaran kecuali dengan alasan syar’i dan itupun harus sesuai dengan fakta dan keadaan yang realita.

Dan banyak penolakan ini terjadi dari perempuan islam bukan sebab pada ranah hukum wajib, namun karena hal-hal ibadah tambahan (sunnah) yang dipermasalahkan, jika memang laki-laki yang datang tidak sholat, ya mungkin masih masuk akal untuk ditolak dan itupun harus ada tanggungan, Maksudnya si wanita harus melakukan banding dulu. membuat perjanjian dan ada saksi, jika laki-laki mampu menyanggupi untuk mengerjakan sholat setelah menikah nanti dan mau bersumpah karena Allah, maka pernikahan harus dilangsungkan, jika tidak maka boleh menolak lamarannya.

Wanita sholehah sekalipun jika sudah mengumbar kejelekaan dari laki-laki yang meminangnya akan berimbas keburukan padanya. karena ini akan membangun kebencian. dan ini bisa menjadi faktor penyebab sang wanita akan menjadi perawan tua, karena akan dicemoohkan dan laki-lakipun akan malas dan enggan datang padanya dan yang lebih fatal lagi terkadang laki-laki berbuat jahat kepadanya dengan segala cara, Nauzubiilaahi min zalik.
Permudahlah pernikahan dan dan persulit perceraian, janganlah membalikkan hukum syariat islam, setiap wanita ingin mendapatkan suami yang terbaik, dan yang mengetahui yang terbaik itu adalah Allah Swt. Janganlah pernah membuat kekecewaan bagi laki-laki muslim yang datang meminangmu,, jika memang menolaknya buatlah sebuah ikatan silaturrahim dan bertutur kata yang baik.
Demikian sedikit penjelasan yang dapat kami utarakan namun ini hanyalah sebuah sugesti, semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran. semoga anda mendapat jodoh yang seperti anda harapkan dan di ridhoi Allah Swt.

 

Baca Artikel Lainnya: