Angin Darat dan Angin Laut

Angin Darat dan Angin Laut

Angin Darat dan Angin Laut

Angin Darat dan Angin Laut
Angin Darat dan Angin Laut

Angin darat dan angin laut sangat berbeda

ini dapat dilihat dari ciri-ciri angin darat dan ciri-ciri angin laut. Angin darat dan Angin Laut : Permukaan bumi kita terdiri atas daratan dan lautan. dari dua bentuk dari permukaan bumi dimana memiliki sifat yang berbeda.

Daratan mempunyai sifat lebih cepat

menerima panas dan cepat pula melepaskannya, sedangkan lautan bersifat lambat menerima panas dan lambat juga melepaskan panas. Oleh karena itu dari kedua sifat ini, dalam sehari (24 jam ) terjadilah perbedaan suhu udara.

Perbedaan suhu menyebabkan perbedaan tekanan udara.

Pada siang hari, daratan lebih cepat panas daripada lautan. Tekanan udara di daratan lebih rendah dari pada di lautan sehingga. udara bergerak dari laut ke darat. peristiwa ini disebut angin laut. 

Ketika malam hari, saat udara dingin

daratan lebih tinggi tekanan udaranya dibandingkan lautan. Kedua sifatnya tidak mudah melepaskan panas maka tekanan udara di lautan lebih rendah. Oleh karna itu, bertiuplah angin dari daratan ke lautan. peristiwa ini dikatakan sebagai angin  angin darat. 
Angin laut dan angin dara dimanfaatkan oleh nelayan sebagai penggerak perahu.bila pada malam hari, nelayan berangkat ke laut dibantu oleh angin darat dan ketika pulang akan terbantu dengan adanya angin laut.