ayat alkuran

Apa Itu Puasa Tasua, Bagaimana Cara Melaksanakan dan Niat Puasa Tasua

 

Berpuasa/Puasa adalah salah satu amalan yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak amal ibadah dan meningkatkan ketaqwaan serta rasa syukur kita pada sang pecipta Allah SWT. Puasa ada yang wajib dan ada yang sunnah. Puasa wajib bisa kita ambil contoh puasa dibulan Ramadhan, sedangkan puasa sunnah bisa kita laksanakan pada hari senin kamis (Puasa senin kamis). Puasa wajib (puasa bulan ramadhan) bersifat wajib atau harus dilakukan oleh orang-oran yang telah memenuhi syarat berikut:

  • Muslim
  • Baligh/sudah memasuki usia pubertas
  • Berakal sehat
  • Kemampuan menunaikan puasa
  • Menetap
  • Mengetahui awal ramadhan
Puasa wajib apabila ditinggalkan akan berdosa, sedangkan apabila dikerjakan pastinya mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.  Puasa sunnah bila dilakukan mendapatkan pahala,dan bila ditinggalkan tidak berdosa. Dibulan muharram ada beberapa puasa sunnah yang bisa kita lakukan yaitu puasa bulan muharram yaitu puasa pada hari kesembilan dan kesepuluh. Puasa kesembilan dan kesepuluh pada bulan Muharram disebut juga dengan puasa Tasu’a dan puasa Asyura.
Puasa Tasu’a dan puasa Asyura hukumnya Sunnah Muakkadah. Puasa tasu’a dibulan muharram bertepadan pada hari jum,at tanggal 28 Agustus 2020. Sedangkan Puasa Asyura bertepatan pada hari sabtu tanggal 29 Agustus 2020.
Untuk mengawali puasa sunnah Tasu’a dan puasa Asyura dibulan muharram harus kita awali dengan membaca niat terlebih dahulu untuk kesempurnaan puasa yang kita laksanakan. Membaca Niat puasa sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur atau pada saat makan sahur sebelum terbitnya fajar.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Tasu’a dan Artinya

Apa-Itu-Puasa-Tasua-Bagaimana-Cara-Melaksanakan-dan-Niat-Puasa-Tasua

Bacaan Latin Niat Puasa Tasu’a

Nawaitu Shauma Ghadin’an ada’i sunnati Tasua i Lillahi Ta,ala

Artinya Niat Puasa Tasu’a

“Aku niat puasa sunnah Tasu’a esok harinya fardhu atasku karena Allah Swt”

Bacaan Niat Puasa Sunnah Asyura dan Artinya

Apa-Itu-Puasa-Asyura-Bagaimana-Cara-Melaksanakan-dan-Niat-Puasa-Asyura

Bacaan Latin Niat puasa asyura

“Nawaitu shauma ghadin’an ada’i sunnati asyura lillahi Ta’ala”

Artinya:

“Sengaja aku puasa sunnah asyura esok disiang hari fardhu atasku karena Allah SWT”

Apa itu Waktu Imsyak Puasa

Sebagai umat muslim kita diharuskan untuk menjalankan/melaksanakan ibadah wajib dan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah. Puasa wajib dibulan ramadhan yang kita laksanakan satu tahun sekali, kita pastinya sering mendengar kata imsyak saat bulan ramadhan tepatnya pada waktu makan sahur sebelum melaksanakan puasa.
Apa itu Imsyak Puasa. apakah imsyak bertanda untuk masuknya waktu puasa, apkah saat imsyak tiba masih boleh makan sahur. Dikutip dari berbagai sumber imsyak puasa adalah sebagai tanda lampu kuning. Imsyak puasa adalah waktu untuk menandakan akan masuknya waktu puasa. Sebelum adzan subuh berkumandang masih diperbolehkan untuk makan sahur. Kapan waktu puasa masuk? kita lihat dari ayat berikut dan artinya:
Waktu berpuasa dimulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. akan tetapi orang yang berpuasa lebih baik menghentikan makan dan minum (menyudahi makan sahur)saat waktu imsyak telah tiba sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelamnya matahari agar ia menyempurnakan puasa.
Puasa adalah menahan diri dari goadan atau hal-hal yang dapat merusak dan membatalkan ibadah puasa dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

Tatat Cara Melaksanakan Puasa Sunnah Tasu’a dan Puasa Sunnah Asyura

Cara melaksanakan puasa sunnah sama dengan pelaksanaan puasa pada umumnya (Puasa lainya), yang membedakan adalah Niat puasa dan waktu/hari pelaksanaannya puasa. Selama melaksanakan puasa kita dianjurkan untuk dapat melaksanakan ibadah lainya (sholat wajib 5 waktu), membaca alqur,an, bersedakah dan amalan lainya.

Hindari hal-hal yang dapat merusak ibadah puasa apalagi yang dapat membatalkan puasa. Selama berpuasa kita dilarang makan dan minum, berkata bohong, mencela, membuat sakit hati orang lain, melihat hal hal yang dapat membatalkan ibadah puasa, yang pastinya hindari hal yang dapat merusak ibadah puasa.

Sebelum melaksanakan puasa ada baiknya kita baca niat, kemudian usahakan untuk makan sahur (makan sebelum terbit fajar pada subuh hari sebelum masuk waktu sholat subuh), lalu setelah masuk waktu berbuka puasa, segeralah untuk melepaskan puasa dengan membaca niat buka puasa.

Niat Puasa 28 dan 29 Agustus 2020

Puasa tanggal 28 dan 29 Agustus adalah puasa sunnah Tasu’a 28 agustus hari jum,at dan puasa asyura tgl 29 agustus hari sabtu. Sebelum melaksanakan ibadah puasa sunnah dianjurkan makan sahur dan membaca niat puasa sunnah tasu’a dan niat puasa sunnah Asyura.

Mari kita tingkatkan amal ibadah saat menjalani puasa sunnah, perbanyak sholat sunnah, luangkan waktu membaca alqur,an dan perbanyak bersedekah.

Itulah yang bisa admin jelaskan dalam artikel ini tentang apa itu puasa sunnah tasua dan apa itu puasa asyura. Puasa tanggal 28 agustus adalah puasa tasu’a dan puasa asyura pada tanggal 29 agustus 2020. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak disengaja.


POS-POS TERBARU