Bahaya Kesehatan Akibat Sering Menahan Kencing

Bahaya Kesehatan Akibat Sering Menahan Kencing

Bahaya Kesehatan Akibat Sering Menahan Kencing

Bahaya Kesehatan Akibat Sering Menahan Kencing
Bahaya Kesehatan Akibat Sering Menahan Kencing

Peringatan! Setelah membaca artikel ini

jangan coba-coba untuk menahan kencingmu lagi. Membuang air besar atau kecil adalah kegiatan membuang ‘sampah’ yang ada ditubuhmu yang tentunya penting bagi kesehatan.

Dari pengertiannya ini, kita sudah bisa simpulkan, bahwa sisa pembuangan dalam tubuh ini jika kamu tahan akan mengakibatkan hal yang buruk bagi tubuhmu. Di sini, Tokopedia akan membahas mengenai bahaya kalau kamu menahan buang air kecil.

Supaya kamu sadar untuk tidak menahan kencing lagi, silakan baca

Akibat Sering Menahan Kencing

1. Batu Ginjal
akibat menahan kencing
Sumber Gambar: Live Science
Mungkin penyakit batu ginjal yang paling umum diketahui oleh orang-orang akibat dari seringnya menahan buang air kecil. Jika kamu sering menahan buang air kecil, akan terjadi endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam asam, pembentukan ini disebut dengan nephrolithiasis.

Endapan ini harus rutin kamu keluarkan melalui urin. Jika tidak, kamu akan merasakan sakit yang luar biasa ketika ‘batu’ ini ingin kamu keluarkan melalui saluran kemih.

2. Infeksi Saluran Kemih
akibat menahan kencing
Sumber Gambar: Pixabay
Infeksi saluran kemih atau urinary tract infection (UTI) juga merupakan penyakit yang akan kamu terima jika terlalu lama menahan buang air kecil. Penyakit ini disebabkan dari bakteri yang tetampung pada uretra.

Sehingga, membuat kamu ingin terus buang air kecil, namun kamu juga akan merasakan nyeri pada bagian uretra. Kencing dapat membantu membuang bakteri, maka, jika kamu menahannya baktreri akan berkumpul dan bisa berkembang biak.

3. Infeksi Kandung Kemih
akibat menahan kencing
Sumber Gambar: Pixabay
Infeksi kandung kemih ini terjadi akibat bakteri yang menumpuk dan berkembang biak karena kamu sering menahan buang air kecil. Hal ini bisa menjadi lebih parah ketika bakteri mulai menyebar hingga ginjal.

Infeksi Kandung kemih ini lebih mudah menyerang wanita, karena saluran uretra lebih pendek dan dekat dengan anus.

4. Kandung Kemih Membengkak
akibat menahan kencing
Sumber Gambar: Pixabay
Banyak minum merupakan hal yang wajib karena dapat membersihkan ginjal dengan cara memasukannya (minum) dan mengeluarkannya (kencing).

Umumnya kandung kemih bisa menampung hingga 15 ons cairan, dan cairan yang kamu konsumsi sebesar 64 ons. Hal ini sudah melewati kapasitas kandung kemih.

 

Oleh karena itu, kamu perlu mengeluarkannya agar kandung kemih

5. Kandung Kemih Lebih Sensitif
bahaya menahan kencing
Sumber Gambar: Pixabay
Jika kamu sering menahan kencing, makan kandun kemih menjadi lebif sensitif. Ini diakibatkan dari pembentangan kandung kemih karena terlalu banyak menampung urin.

Karena kandung kemih lebih sensitif, maka kamu akan lebih sering ingin buang air kecil dari biasanya. Selain itu, hal ini juga merupakan gejala dari infeksi saluran kemih.

Sering menahan buang air kecil di perjalanan jauh

6. Disfungsi Buang Air Kecil
bahaya menahan kencing
Sumber Gambar: Pixabay
Disfungsi buang air kecil atau yang lebih dikenal dengan Lower Urinary Tract Symptomps (LUTS) adalah masalah yang diakibatkan koordinasi kandung kemih dengan uretra tidak berjalan normal.

Hal ini mengkibatkan beberapa hal seperti, mengompol, buang air kecil tidak tuntas, dan kualitas seks menurun.

7. Interstitial Cystitis
bahaya menahan kencing
Sumber Gambar: Marina Hospital
Kondisi kronis ini terjadi karena infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan kandung kemih. Interstitial Cystitis mengakibatkan nyeri pada kandung kemih dan nyeri kronis pada panggul, serta lebih sering buang air kecil dari biasanya, namun kencing tidak akan tuntas.

Gejala IC sama seperti infeksi saluran kemih, namun tidak ada infeksi. Dan akan memperburuk kondisi jika terjadi infeksi saluran urin. Interstitial Cystitis pun hingga kini tidak bisa disembuhkan dengan obat, hanya bisa diobati dengan terapi dan biofeedback.

Baca Juga :