Dasar – Dasar Teknis Manajemen Database

Ø  Manajemen Database: sumber daya data harus diatur dan distrukturalkan dalam cara yang logis agar mereka daya diakses dengan mudah, diproses secara efisien, ditarik dengan cepat, dan dikelola secara efektif.

Ø  Struktur Database 

Hubungan antara berbagai elemen data terpisah yang disimpan dalam database didasarkan pada salah satu dari beberapa struktur atau model logis data. Lima struktur dasar database:

  • Struktur Hierarkis: Software DBMS awal menggunakan struktur hierarkis, yang membuat hubungan antar catatan membentuk hierarki atau struktur yang seperti pohon.
  • Struktur Jaringan: Struktur jaringan dapat mewakili hubungan logis yang lebih rumit, dan masih digunakan oleh beberapa software mainframe DBMS. Struktur ini memungkinkan hubungan banyak ke banyak antar catatan, dengan kata lain, model jaringan dapat mengakses elemen data dengan mengikuti salah satu dari beberapa jalur, karena elemen data atau catatan apapun dapat dihubungkan ke banyak elemen data lainya.
  • Struktur Relasional: model yang paling banyak digunkan dari ketiga struktur database ini. Model ini digunakan oleh kebanyakan software DBMS mikrokomputer dan sistem skala menengah dan mainframe.
  • Struktur Multidimensional: variasi dari model relasional yang menggunakan struktur multidimensional untuk mengatur data dan menyajikan hubungan antardata.
  • Struktur yang berorientasi pada objek: kemampuan untuk melakukan pemangkasan ini memungkinkan model yang berorientasi pada objek tersebut menangani dengan lebih baik jenis-jenis data yang lebih rumit (grafik, gambar, suara, teks) dari pada struktur database lainya.
  • Pengembangan Database: dapat dengan mudah dicapai melalui penggunaan software manajemen database mikrokomputer untuk aplikasi pemakaian akhir kecil. Akan tetapi, pengembangan database perusahaan yang besar membutuhkan usaha perencanaan dari atas kebawah. Hal ini dapat melibatkan berbagai model, database area subjek, dan model data yang mencerminkan elemen data logis serta hubungan yang dibutuhkan untuk mendukung operasi dan manajemen proses bisnis dasar dalam organisasi.

sumber :

https://aboshdg.net/navigator-topo-apk/