Disabilitas dalam Rupa Emoji

Disabilitas dalam Rupa Emoji

Disabilitas dalam Rupa Emoji
Disabilitas dalam Rupa Emoji

Selain emoji terkait dengan aktivitas para disabilitas, ada pula emoji berkenaan dengan menstruasi.

DEWASA ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan aplikasi pembawa pesan

(chat messenger) untuk berkomunikasi. Bahkan, konon generasi milenial lebih memilih berkomunikasi lewat aplikasi teks untuk percakapan tak tatap muka, ketimbang lewat telepon.

Untuk menyemarakkan percakapan ‘tulisan’ tersebut, tak jarang emoji digunakan.

Pada era kejayaan Yahoo Messenger, kebanyakan emoji berupa bulatan kuning dengan mata dan mulut yang merepresentasikan ekspresi wajah. Kini, jumlah emoji telah bertambah. Rupanya pun sudah sangat beraneka.

Nah, baru-baru ini, Unicode melansir rangkaian emoji termuktahir, atau Unicode Emoji 12.0. Terdapat 59 emoji baru pada versi tersebut, berikut sejumlah tambahan varian untuk emoji yang sudah ada sebelumnya. Dengan begitu, total emoji Unicode kini mencapai 230 karakter.

Yang unik, sebagian besar emoji baru yang disematkan pada versi 12.0 ini

berkaitan dengan aktivitas penyandang disabilitas. Umpama, emoji bergambar alat bantu dengar, kursi roda, kaki palsu, maupun anjing pemandu.

Pengadaan emoji tersebut ternyata tidak terlepas dari keluhan Apple kepada Unicode Consortium, organisasi yang menampung usulan terkait dengan pengadaan karakter-karakter emoji baru. ‘Menambahkan emoji sebagai simbol pengalaman hidup pengguna membantu menumbuhkan keragaman budaya, yang di dalamnya termasuk para penyandang disabilitas,’ begitu pernyataan pihak Apple dalam proposalnya kepada Unicode Consortium, Maret tahun lalu.

 

Baca Juga :