ENIS UANG SEPANJANG SEJARAH

ENIS UANG SEPANJANG SEJARAH

Sejarah uang sangat berhubungan dengan sejarah peradaban manusia. Semenjak manusia memilih peradabannya dan ke luar dari “zaman baru”, mereka telah menciptakan berbagai bentuk barang digunakan sebagai alat perantara dalam tukar menukar. Uraian berikut secara ringkas menerangkan perkembangan bentuk uang sepanjang peradaban manusia.

PERKEMBANGAN PENGGUNAAN UANG KERTAS DAN UANG BANK

Pada saat ini emas dan perak tidak lagi digunakan sebagai uang. Disemua negara, uang terutama dibuat dari kertas atau berbentuk tabungan di bank yang dapat dikeluarkan dengan menggunakan cek. Uang yang dibuat dari logam (bukan emas atau perak) merupakan bagian yang sangat kecil dari keseluruhan jumlah uang dalam perekonomian.

Sebab Perkembangan Uang Kertas

Penggunaan uang kertas sebagai alat perantaraan dalam perdagangan menjadi sangat bertambah pesat perkembangannya setelah bank-bank umum mengeluarkan uang kertas tanpa terlebih dahulu mereka menerima emas dari para nasabahnya. Apabila di dalam perekonomian telah terwujud kebutuhan yang mendesak akan uang maka bank-bank umum akan menyediakannya sampai dengan jumlah maksimum tertentu.

Masyarakat masih tetap bersedia menggunakan uang yang diciptakan tersebut karena di atas uang yang di keluarkan itu dijanjikan bahwa apabila pemegang ingin menggantikan uang tersebut dengan emas, maka bank umum tersebut setiap waktu akan bersedia untuk melakukannya.

Uang kertas yang sekarang digunakan diberbagai negara bukanlah dikeluarkan oleh bank-bank umum tetapi oleh bank sentral, yaitu bank yang bertindak sebagai bank untuk bank-bank umum.

Ciri-ciri uang kertas adalah sebagai berikut:

  1. Berbentuk persegi panjang,
  2. Bertuliskan  besarnya nilai uang,
  3. Di sudut ada gambar lambang Negara Garuda Indonesia,
  4. Di bagian atas tertulis  Bank Indonesia, dan
  5. Ada tanda tangan Gubernur Bank Indonesia.

Perkembangan Uang Giral (Uang Bank)

Sekarang ini bank umum tidak diberi kekuasaan lagi oleh pemerintah untuk mengeluarkan uang kertas. Walaupun begitu, tetapi bukan berarti kekuasaannya untuk menciptakan uang sudah lenyap. Sebaliknya, sekarang ini kekuasaan bank umum untuk menciptakan uang telah menjadi bertambah sangat besar. Kekuasaan ini harus dikendalikan sungguh-sungguh oleh pemerintah agar tidak menimbulkan akibat-akibat yang buruk pada perekonomian. Di negara-negara yang sistem keuangannya sudah maju, bank-bank umum merupakan pencipta uang utama. Uang yang diciptakan oleh bank umum dinamakan uang giral bisa juga disebut sebagai uang bank atau rekening koran.

Ciri-ciri Uang Giral :

  1. Bukan merupakan alat pembayaran yang berlaku untuk umum.
  2. Umum boleh menolak dan sifat berlakunya tidak memaksa.
  3. Hanya beredar di kalangan tertentu
  4. Jika terjadi sesuatu dengan bank resiko ditanggung sendiri

Contoh :

Cek, Bilyet Giro, Telegrafic Transfer, Wesel  yang dikeluarkan oleh Bank Umum

PENGGUNAAN EMAS DAN PERAK SEBAGAl UANG

Jenis uang yang sudah sejak lama digunakan, dan yang selama kurang lebih dua puluh satu abad merupakan mata uang yang paling banyak digunakan oleh berbagai negara, adalah mata uang emas dan perak. Emas dan perak mempunyai ciri-ciri yang diperlukan untuk menjadi uang yang baik.

sumber :

https://bingo.co.id/sky-force-apk/