Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan angin

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan anginFaktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan angin

Kecepatan angin yang berhembus di permukaan bumi ini di pengaruhi oleh beberpa faktor, di antaranya :

Ø  Gradien tekanan udara (barometris)

Kecepatan angin bertiup sangat tergantung pada besar kecilnya gradien tekanan udara atau Gradien barometer adalah perbedaan tekanan udara antara dua isobar pada jarak lurus 111 km, makin besar gradien tekanan udara dari dua daerah makin cepat angin tersebut bertiup.

Ø  Tinggi tempat

Udara yang bergerak didekat permukaan bumi sangat dipengaruhi oleh kekasaran permukaan bumi. Sehingga semakin besar kekasaran permukaan bumi (adanya gunung, pohon, gedung, topografi yang tidak rata) maka semakin besar turbulensinya dan semakin lambat kecepatan angin bergerak. Kecepatan angin makin tinggi dengan naiknya ketinggian akibat berkurangnya gesekan dengan permukaan tanah.

Makin tinggi kedudukan suatu tempat, maka kecepatan angin akan semakin cepat pula, sebaliknya semakin rendah kedudukan suatu tempat maka kecepatan anginnya semakin lambat.

Ø  Letak lintang.

Bumi berputar pada sumbunya dengan kecepatan  1041 meter perjam di equator.  Lajunya menurun dengan semakin tinggi letak lintang suatu tempat sampai mencapai nol di kutub.  Berkurangnya kecepatan ini disebabkan oleh semakin kecil lingkaran litang ke arah kutub.  Sehingga kecepatan angin di dekat khatulistiwa lebih cepat dari yang jauh dari garis khatulistiwa.

Letak tempat di bumi yang dimaksud adalah letak suatu tempat terhadap garis lintang di bumi. Kecepatan arah angin di sekitar daerah ekuator lebih besar bila dibandingkan dengan daerah yang terletak jauh dari daerah ekuator. Hal ini disebabkan adanya rotasi bumi, di mana saat bumi berotasi menimbulkan gaya dorong keluar lebih besar dari gaya dorong ke dalam.

POS-POS TERBARU

ARSIP