Fenomena Iridium Flares

Fenomena Iridium FlaresFenomena Iridium Flares

Jika Anda sering melihat langit malam, Anda mungkin kadang-kadang melihat cahaya bergerak perlahan, redup pada awalnya, tetapi secara bertahap men cerah sebelum memudar dalam kegelapan lagi. Mereka dikenal sebagai kilatan iridium (Iridium Flare) atau kilatan satelit, dan mereka disebabkan oleh sinar matahari yang dipantulkan oleh satelit. Mereka kadang-kadang dirancukan dengan penampakan ufo atau bintang jatuh oleh pengamat langit yang tidak berpengalaman, tetapi mereka mudah diketahui dari gerakan lambat mereka di langit, seperti yang terlihat dalam video di bawah ini.

kilatan iridium

Mereka dikenal sebagai kilatan iridium karena biasanya mereka adalah refleksi atau pantulan cahaya matahari dari satelit komunikasi Iridium. Ada 66 satelit iridium yang mengorbit bumi, dan masing-masing satelit ini memiliki tiga panel komunikasi yang besar. Panel-panel ini membuat refleksi terang ketika berada pada posisi yang tepat. Satelit lain juga dapat membuat refleksi yang sama, tetapi biasanya tidak seterang satelit iridium.

Karena lintasan dan orientasi dari satelit iridium diketahui, Anda bisa memprediksi kapan dan di mana kilatan iridium akan muncul. Bahkan ada aplikasi android yang bisa anda download secara gratis yang dapat memberitahu anda daftar tentang apa saja yang akan terlihat di langit di lokasi Anda, termasuk kilatan iridium. Biasanya akan ada setidaknya satu kilatan iridium setiap beberapa hari. Aplikasi tersebut bahkan memberitahu anda kapan ISS dapat terlihat dari lokasi anda!

Selama beberapa tahun ke depan flare iridium kemungkinan besar akan menjadi lebih jarang. Iridium berencana untuk mulai meluncurkan generasi baru satelit yang dikenal sebagai Iridium NEXT, dan satelit yang lebih tua akan dikeluarkan dari orbitnya saat mereka akan diganti. Satelit-satelit baru tidak memiliki panel komunikasi yang besar, sehingga refleksi mereka tidak akan begitu mencolok atau terlihat.

 

POS-POS TERBARU