Table of Contents

Gametogenesis

Gametogenesis adalah peristiwa pembentukan sel-sel gamet di dalam kelenjar kelamin. Peristiwa pembentukan sel-sel gamet ini di bedakan atas :

  • Spermatogenesis

Yaitu peristiwa pembentukan sel-sel sperma didalam tes-tes. Sel-sel sperma di dalam tes-tes berasal dari sel-sel spermatogonia. Spermatogonia ini mengalami pertumbuhan ini menjadi spermatosit. Melalui dua kali pembelahan, dari satu spermatosit (2n) akan di hasilkan 4 buah sperma yang haploid (1n).

  • Oogenesis

Adalah peristiwa pembentukan sel telur (ovum) di dalam ovarium. Seperti halnya sel sperma, sel telur pun terjadi melalui proses pembelahan dua kali. Sel telur dalam ovarium berasal dari sel oogonium (kalau lebih dari satu disebut oogonia). Oogonium ini akan tumbuh menjadi oosite. Dari satu oosite melalui dua kali pembelahan akan di hasilkan 4 buah sel tekur (ovum). Dari 4 buah sel telur yang di hasilkan hanya satu yang dapat di buahi (fertil) sedangkan 3 buah sel telur lainnya mengalami degenerasi dan di sebut polar body (polosit)

  1. Reproduksi pada Mamalia

Mamalia pada umumnya merupakan hewan yang melahirkan (vivipar), kecuali pada kelas monotremata misalnya Platypus (paruh bebek) yang ofipar (bertelur). Reproduksi pada mamalia dilakukan secara seksual dan pembuahan selalu terjadi didalam tubuh (internal). Telur yang telah di buahi (zigot) akan berkembang menjadi embiro didalam rahim (uterus). Embiro  tersebut di beri makan oleh tubuh induknya melalui plasenta. Alat reproduksi di bedakan atas:

sumber :

https://advertorial.co.id/belpaese-apk/