Jenis atau Macam-Macam Vitamin (beserta fungsi dan sumbernya)

Jenis atau Macam-Macam Vitamin (beserta fungsi dan sumbernya)

Jenis atau Macam-Macam Vitamin (beserta fungsi dan sumbernya)

Jenis atau Macam-Macam Vitamin (beserta fungsi dan sumbernya)
Jenis atau Macam-Macam Vitamin (beserta fungsi dan sumbernya)

 

1. Vitamin A (Retinol)

– Fungsi vitamin A : untuk kesehatan kulit, kesehatan indera penglihatan, sebagai antioksidan, untuk pendukung perkembangan janin di dalam kandungan, dan untuk sistem imunitas.
– Sumber vitamin A : susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dll)

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin A : rabun senja, katarak, bisul terusan pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.

2. Vitamin B1 (Thiamine)

– Fungsi vitamin B1 : untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf, serta mencegah penyakit beri-beri
– sumber yang mengandung vitamin B1 : gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B1 : kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan badan berkurang.

3. Vitamin B2 (Riboflavin)

– Fungsi vitamin B2 : ialah untuk kesehatan kulit dan perkembangan system tubuh.

– sumber yang mengandung vitamin B2 : sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu, dan banyak lagi lainnya.
– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B2 =
turunnya daya tahan tubuh, kilit kering bersisik, lisan kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

4. Vitamin B3 (Niacinamide)

– Fungsi vitamin B3 : untuk mengubah kalori menjadi energy, meningkatkan system syaraf dan meningkatkan nafsu makan

– sumber yang mengandung vitamin B3 :buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B3 : terganggunya sistem pencernaan, otot simpel keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, simpel muntah dan mual-mual, dan lain-lain

5. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

– Fungsi vitamin B5 : untuk kesehatan syaraf dan otak, penghasil senyawa asam dan hormon

– sumber yang mengandung vitamin B5 : daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B5 : otot simpel menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain

6. Vitamin B6 (pridoksin)

– Fungsi vitamin B6 : untuk kesehatan gigi, pembentukan sel darah merah, untuk kesehatan system syaraf dan pembentuk antibody.

– sumber yang mengandung vitamin B6 : kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging, dan lain-lain.

– Penyakit yang ditimbulkan akhir kekurangan vitamin B6 : pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.

Sumber: https://www.pendidik.co.id/12-hukum-bacaan-tajwid-beserta-contohnya-yang-harus-diketahui/