Jenis-jenis layar sentuh

Jenis-jenis layar sentuh

Jenis-jenis layar sentuh

 Jenis-jenis layar sentuh
Jenis-jenis layar sentuh

Capacitive

Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar,terjadi perubahan arus listrik. Perubahan ini dikirim ke sensor sentuh. Lalu,diteruskan ke pengontrol. Layar  sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh benda-benda lain seperti kuku jari,layar ini tidak akan bereaksi.

Resitive

Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan. Tapi,ada dua lapisan yang terpenting. Jarak antar kedua lapisan itu dekat sekali. Jika layar disentuh atau ditekan,kedua lapisan itu akan bersentuhan. Layar sentuh ini dapat disentuh jari,kuku jari,stylus,dll. Tetapi kadang layar seperti ini kurang peka sehingga perlu lebih ditekan.

Surface Acoustic Wave

Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh,sebagian gelombang akan terserap. Perubahan itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian,perubahan gelombang dikirim ke pengontrol untuk diproses.

Multi Sentuh

Layar ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari,bahkan disentuh oleh puluhan jari dari tangan yang berbeda-beda secara bersamaan. Dengan layar multi sentuh ini,kita bisa membesarkan,mengecilkan,mengubah posisi dan memindahkan posisi objek pada layar monitor.

Sumber : https://chicagobearsjerseyspop.com/