JENIS-JENIS UANG

JENIS-JENIS UANG

JENIS-JENIS UANG

Berikut keterangan lebih mengenai nilai dan jenis uang yang perlu anda ketahui banyak.

  1. NILAI UANG

Jika dilihat dari nilai maka uang dibedakan menjadi 2 buah, yaitu nilai uang yang berdasarkan ukurannya dan nilai uang didasarkan pada asalnya. Berdasarkan ukurannya maka nilai uang juga masih akan ada lagi perbedaan-perbedaan dimana menjadi 2 bagian, yaitu nilai nominal (nilai yang telah tercantum dalam mata uang) dan nilai intrinsik (berupa nilai uang berdasarkan pada bahan pembuatannya).

Selain itu juga jika dilihat berdasarkan asal nya, maka nilai uang juga akan dibagi menjadi 2, yaitu uang eksternal (dimana nilai uang didasarkan pada perbandingan dengan nilai uang yang ada di negara lain (kurs) dan juga internal (nilai uang yang dilihat dari kemampuan seseorang dalam mendapatkan barang. Hal tersebut memang menjadi sebuah acuan juga.

  1. JENIS UANG

Kemudian komponen yang berikutnya adalah mengenai jenis uang, jika nilai uang tersebut nantinya dibedakan menjadi 2 buah, yakni jenis uang dibedakan menjadi 3 bagian besar,  uang menurut jenis, uang berdasarkan bahan pembuatannya, dan uang  berdasarkan nilainya. Dengan demikian maka uang akan lebih berguna dan dapat anda pelajari fungsi-fungsinya dengan sangat baik.

Jika dilihat uang menurut jenisnya akan dibedakan menjadi 2 buah bagian, yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal adalah alat pembayaran sah untuk anda gunakan oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan barang atau jasa. Sedangkan uang giral merupakan uang yang disimpan dapat memiliki bentuk tabungan, namun jika dibutuhkan maka dapat ditarik sewaktu-waktu.

Sedangkan jika dilihat dari jenis uang menurut bahan pembuatannya, akan dibedakan menjadi 2 bagian yakni uang logam dan uang kertas. Adapun jenis uang menurut nilainya dibedakan juga menjadi 2, yaitu uang tanda atau token money dan uang penuh atau biasa disebut juga sebagai full bodied money. Itulah beberapa jenis uang berdasarkan acuan yang pasti.


Baca Juga :