Jenis Pemeriksaan USG

  1. USG 2 Dimensi

Menampilkan gambar dua bidang (memanjang dan melintang). Kualitas gambar yang baik sebagian besar keadaan janin dapat ditampilkan.

  1. USG 3 Dimensi

Dengan alat USG ini maka ada tambahan 1 bidang gambar lagi yang disebut koronal. Gambar yang tampil mirip seperti aslinya. Permukaan suatu benda (dalam hal ini tubuh janin) dapat dilihat dengan jelas. Begitupun keadaan janin dari posisi yang berbeda. Ini dimungkinkan karena gambarnya dapat diputar (bukan janinnya yang diputar).

  1. USG 4 Dimensi

Sebetulnya USG 4 Dimensi ini hanya istilah untuk USG 3 dimensi yang dapat bergerak (live 3D). Kalau gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis, sementara pada USG 4 Dimensi, gambar janinnya dapat “bergerak”. Jadi pasien dapat melihat lebih jelas dan membayangkan keadaan janin di dalam rahim.

  1. USG Doppler

Pemeriksaan USG yang mengutamakan pengukuran aliran darah terutama aliran tali pusat. Alat ini digunakan untuk menilai keadaan/kesejahteraan janin. Penilaian kesejahteraan janin ini meliputi:

  1. Gerak napas janin (minimal 2x/10 menit).
  2. Tonus (gerak janin).
  3. Indeks cairan ketuban (normalnya 10-20 cm).
  4. Doppler arteri umbilikalis.
  5. Reaktivitas denyut jantung janin.

2.3.8   Aspek keamanan

Ultrasound telah digunakan sebagai alat pencitraan diagnostik sejak 1950- an sehingga saat ini, kita memasuki generasi ketiga bayi-bayi yang mengalami pemeriksaan USG. Merupakan hal yang sangat beralasan untuk berasumsi bahwa segala efek samping mayor tekhnologi ini seharusnya sudah muncul sejak sebelumnya, tetapi ternyata hingga saat ini ultrasound masih boleh digunakan,asalkan dengan hati-hati dan hanya jika terdapat indikasi yang jelas.

2.4    Kerangka Konsep

Konsep adalah abstraksi dari suatu realita agar dapat dikomunikasikan dan membentuk suatu teori yang menjelaskan keterkaitan antar variabel (baik variabel yang diteliti maupun yang tidak diteliti) (Nursalam, 2008 : 55).

POS-POS TERBARU