Keanggotaan dari Organisasi Ekonomi Internasional

Tidak terdapat ketentuan khusus atau hubungan yang khusus untuk mendaftar menjadi anggota dari organisasi-organisasi ini, masing-masing organisasi mempunyai ketentuan-ketentuan sehubungan dengan keanggotaan ini. Walaupun demikian, satu faktor bahwa semua organisasi intenasional secara umum harus mempunyai anggota yang merupakan syarat inti dari organisasi itu.

Hal yang penting adalah anggota dari organisasi internasional publik ini adalah negara-negara. Beberapa ketentuan pokok membuat suatu pembedaan antara anggota “original” dan anggota “additional” atau  anggota-anggota lain. Anggota-anggota tambahan (the additional members) terbagi dalam beberapa kategori. Dalam hal tertentu negara yang merupakan anggota PBB diizinkan langsung mempunyai hak, yang kemudian dilakukan penerimaan secara formal dari konvensi kepada sekretaris jendral atau direktur/ketua umum organisasi yang bersangkutan, anggota-anggota lain yang diizinkan menjadi anggota tidak langsung berhak, harus tetap memenuhi syarat tertentu dari pengajuan dalam organisasi itu sendiri.

Dalam IBRD, keanggotaan terdapat dua kategori yaitu anggota yang original dan anggota-anggota lain. Anggota oroginal (the original members) bank harus merupakan anggota-anggota dari IMF yang menerima keanggotaannya sebelum tanggal 31 Desember 1945. Anggota-anggota ini terdaftar/tercatat dalam daftar A. Negara-negara lain yang boleh ikut pada waktu yang sama dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh bank. Dalam hal ini keanggotaan IBRD harus sama dengan keanggotaan dalam IMF, bahwa tidak semua negara IMF dapat ikut pada bank. Anggota-anggota IFC juga mempunyai hubungan dengan bank.

  1. a)Penarikan diri dari Keanggotaan

Aspek lain  yang penting dari keanggotaan ini adalah hak untuk mengundurkan diri. Penarikan diri secara umum akan mempengaruhi hak dan kewajiban dari suatu pihak dalam hubungannya dengan suatu persetujuan/perjanjian. Aspek ini secara normal ditemukan dalam persetujuan yang dibentuk organisasi internasional.

Kebanyakan ketentuan dari organisasi internasional secara tegas menyebutkan bahwa keanggotaan harus diakhiri dengan penarikan diri.

Sedangkan organisasi-organisasi pembiayaan mengizinkan penarikan diri yang menimbulkan akibat secara langsung. Jadi, bahwa apabila hal ini akan timbul perlu memberikan peringatan yang kuat sebelum penarikan diri merupakan persyaratan umum dalam organisasi ekonomi internasional. Walau bagaimanapun, ketentuan penarikan diri dalam organisasi pembiayaan dapat dimengerti, sangat kompleks dan sukar. Apabila suatu organisasi mempunyai suatu dana operasional, pernyataan dari perhitungan dengan suatu penarikan diri anggota merupakan hal yang lebih kompleks.

sumber :