Keuntungan dan Kerugian Strategi Pembelajaran yang Berorientasin Pada Peserta Didik

Keuntungan dan Kerugian Strategi Pembelajaran yang Berorientasin Pada Peserta Didik

  1. Keuntungan

Dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik menekankan pada aktivitas siswa secara optimal, yaitu bahwa  dalam keseimbangan antara aktivitas fisik, mental, emosional dan juga aktivitas intelektual. Dengan tujuan untuk memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif , afektf, psikomotorik secara seimbang.

      Dalam strategi pembelajaran siswa berperan sebagai subjek pendidik bukan objek pendidik yang harus dijejali dengan berbagai informasi melainkan siswa tersebut mengaplikasikannya atau menghubungkannya dengan melalui kehidupan. Sehingga melalui pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik siswa tidak hanya dituntut menguasai informasi .  menjadikan siswa adalah subjek yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan.

Dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik guru tidak berperan sebagai satu-satunya sumber belajar yang bertugas menuangkan materi pelajaran kepada siswa, akan tetapi guru berperan sebagai penunjuk dan fasilitator dalam memamfaatkan sumber belaja yang lebih penting lagi bahwa peran guru adalah memfasilitasi agar siswa belajar.  Dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik guru dan siswa sama-sama berperan sebagai subjek belajar yg membedakan hanyalah tugasnya masing- masing.

  1. Kelemahan

Dalam strategi pembelajaran yang beorientasi pada peserta didik, pada aktivitas siswa aktif dan tidak aktifnya siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran hanya siswa yang mengetahiunya secara pasti. Karena keaktifan siswa  ada yang diamati secara langsung dan tidak langsung. Keberhasilan strategi ini tergantung kepada apa yang dimiliki oleh guru seperti: kemampuan guru, sikap profesionalitas gur, latar belakang pendidk dan pengalaman mengajar guru. Dalm dkegiatan strategi ini juga alkivitas siswa yang ditekankan hanya pada proses bukan pada hasil dan memerlukan waktu yang panjang.

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/