Koperasi terhadap perkembangan UMKM

Koperasi terhadap perkembangan UMKM

Koperasi terhadap perkembangan UMKM
Koperasi terhadap perkembangan UMKM

Kontribusi Koperasi terhadap perkembangan UMKM (usaha mikro kecil menengah) sangatlah berpengaruh penting karna kontribusi dan UMKM merupakan salah satu lagkah yang sangat-sangat stategis dalam meningkatkan dan menguatkan dasar kehidupan perekonomian rakyat Indonesia dengan cara menyediakan lapangan pekerjaan dan mengurangi kesenjangan serta tingkat kemiskinan yang ada.Usaha mikro kecil menengah atau UMKM adalah salah satu bagian dari pelaku ekonomi yang besar karna UMKM merupakan pengaman bagi Perekonomian Negara Indonesia ketika dalam masa krisis.
Koperasi sebagai suatu badan usaha yang secara tidak langsung berperan dalam memajukan perekonomian suatu negara, mempunyai peran yang penting dalam perkembangan UMKM yang ada saat ini. Cara koperasi membantu UMKM biasanya dengan memberikan bantuan dana, melalui koperasi simpan pinjamnya. Dari situ, UMKM akan mengembangkan usaha mereka.
Pada tahun 2003, persentase jumlah UMKM sebesar 99.9% dari seluruh unit usaha, yang terdiri dari usaha menengah sebanyak 62.000 unit usaha dan jumlah usaha kecil sebanyak 42,3 juta unit usaha yang sebagian terbesarnya berupa usaha skala mikro. UMKM telah menyerap lebih dari 79,0 juta tenaga kerja atau 99,5 % dari jumlah tenaga kerja tahun 2004 jumlah UMKM di perkirakan melampaui 44 juta unit.

Sumber : https://dolanyok.com/seva-mobil-bekas/