Lapisan Kulit

Table of Contents

Lapisan Kulit

Lapisan Kulit

Epidermis

epidermis adalah lapisan jaringan paling luar yang berfungsi sebagai pelindung atau menutupi seluruh organ. Jaringan epidermis berasal dari protoderm. Setelah tua bisa tetap ada atau rusak. Jika jaringan epidermis rusak akan digantikan oleh gabus. Jumlah jaringan epidermis biasanya 1 lapis tetapi dapat juga lebih dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi.

Dermis : adalah lapisan kulit yang terdiri atas pembuluh darah, kelenjar minyak, kantung rambut, ujung – ujung saraf indra, dan kelenjar keringat. Pembuluh darah pada lapisan ini sangat luas sehingga mampu menampung sekitar 5 % dari jumlah darah di seluruh tubuh.

Hypodermis : Hipodermis (Jaringan ikat Bawah Kulit) merupakan jaringan ikat yang terletak di bawah lapisan dermis, namun batas pemisah antara bagian Hipodermis dengan bagian dermis ini tidak jelas. Lapisan ini merupakan tempat penyimpanan lemak dalam tubuh, sehingga sering juga dikenal dengan Lapisan Lemak Bawah Tubuh. Lemak tersebut berfungsi untuk melindungi dari benturan benda keras, sebagai penjaga suhu tubuh karena lemak dapat menyimpan panas, dan sebagai sumber energi cadangan.

Hair root (akar rambut) : akar rambut adalah bulu-bulu atau rambut berbentuk serabut halus pada akar tumbuhan, biasanya berukuran kecil dan terdapat pada sisi-sisi akar utama atau percabangan akar. Rambut akar merupakan perluasan permukaan dari lapisan epidermis akar yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral mineral hara. Semakin banyak rambut akar maka luas permukaan akar akan semakin besar sehingga memungkinkan tumbuhan untuk menjangkau  air dan mineral hara di tempat yang jauh dari tumbuhan tersebut tumbuh.

Hair follicle : Hair follicle atau folikel rambut adalah kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.

Ecc sweat gland : Eccrine sweat glands atau kelenjar keringat mengatur penguapan untuk mendinginkan tubuh saat suhu lingkungan meningkat yang kita kenal dengan keringat dan membuang sisa metabolisme tubuh sebagian besar terdiri dari garam dan urea.

Hair shaft ( batang rambut ) : Yaitu bagian rambut yang berada diluar kulit, berupa benang-benang halus terdiri dari keratin / sel-sel tanduk.

Pore : Pada permukaan luar kulit terdapat pori – pori (rongga) yang menjadi tempat keluarnya keringat.

Dermai papillae : Karena dermal papilla terletak pada persimpangan dermo-epidermal, salah satu fungsi mereka adalah untuk menjaga dermis dan lapisan epidermis yang terhubung. Dengan kata lain, dermal papilla membantu dalam memperkuat konektivitas dermal-epidermal. Hal ini sangat penting karena epidermis harus bergantung pada dermis untuk melancarkan peredaran darah.

Meisaner’s corpuscle : merupakan ujung syaraf perasa pada kulit yang peka terhadap sentuhan.

Free nerve ending : merupakan ujung syaraf pada kulit yang peka terhadap rangsangan, terletak di sekitar akar rambut.

Reticular layer of dermis : terbuat dari serat kolagen tebal yang disusun secara paralel dengan permukaan kulit. Lapisan reticular lebih padat daripada dermis papiler, dan memperkuat kulit, memberikan struktur dan elastisitas. Ini juga mendukung komponen lain dari kulit, seperti folikel rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebasea.

Sabaceous (oil) gland (kelenjar kulit) : adalah kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit, funginya untuk mengeluarkan minyak dan sabum.

Arrector pili muscle : otot otot kecil yang melekat pada folikel rambut. Kontraksi otot-otot ini menyebabkan rambut untuk berdiri.

Sensory nerve fiber : saraf yang mengalir keluar utusan dari otak dan korda spinal ke otot – otot dan kelenjar – kelenjar untuk merangsang.

eccrine sweat gland : mengatur penguapan untuk mendinginkan tubuh saat suhu lingkungan meningkat yang kita kenal dengan keringat dan membuang sisa metolisme tubuh sebagian besar terdiri dari garam dan urea, bahkan bila kita mengalami gangguan pencernaan seperti obstipasi & konstipasi yang menyebabkan pengeluaran feces atau BAB terganggu maka tubuh akan berupaya membuang sisa-sisa metabolisme tubuh melalui kelenjar keringat yang ada di permukaan kulit.

Pacinian corpuscle : ujung saraf menyerupai bohlam (bulblike) atau kulit bawang (karena bentuknya bulat dan berlapis-lapis) terletak di jaringan subkutan kulit, paling banyak di telapak tangan, kaki, sendi dan genital, fungsinya mendeteksi rangsangan raba, tekanan. Reseptor ini lebih besar ukurannya dan jumlahnya lebih sedikit dibanding Meissner dan Sel Merkel.

Artery : untuk memberikan oksigen dan nutrisi melalui darah ke seluruh sel2 dalam tubuh
pembuluh darah vena = membawa darah menuju jantung dan mengirim O2 ke dalam kulit.

Vein : untuk mengalirkan darah keseluruh permukaan kulit.

Adipose tissue : Jaringan adiposa umumnya dikenal sebagai lemak tubuh. Mengubah lemak menjadi bahan bakar yang dapat digunakan datang dengan biaya tinggi, dan tubuh harus mengeluarkan dua kali lipat energi untuk mengubahnya menjadi bahan bakar dibandingkan dengan karbohidrat atau protein.

Hair folicle repector : Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh.fungsinya menyempurnakan rambut anda menjadi lebih kuat dan rambut akan terlihat menjadi lebih indah.


Sumber: https://thedarksideofthesun.org/aporkalypse-apk/