Lopis Nikmatnya Sampai ke Hati

Lopis Nikmatnya Sampai ke HatiLopis Nikmatnya Sampai ke Hati

lopis

Berbukalah dengan yang manis-manis. Jika biasanya buah kurma menjadi cemilan pembuka saat berbuka puasa. Maka tidak bagi saya. Kurma hanya sesekali. Selebihnya mencari jenis cemilan lain. Yang sedang diinginkan oleh lidah ini tentunya (baca:pengen). Dan bukan gorengan pastinya.

Bersyukurnya tinggal di Indonesia ini banyak sekali jenis jajanan yang bisa dipilih-pilih. Mulai dari jajanan tradisional sampai yang agak kebarat-baratan. Semua ada. Tinggal pilih sesuai selera dan kantong tentunya.

Untuk kali ini pilihan saya adalah lopis. Panganan yang berasal dari ketan ini sangat menggoda lidah. Lopis adalah hasil olahan beras ketan yang direbus seperti ketupat. Bentuknya bisa segitiga seperti ketupat atau memanjang seperti lontong, baru dipotong-potong.

Bumbunya adalah saus gula merah. Sebelum disiram saus gula merah, lumuri dahulu lopis tersebut dengan parutan kelapa muda. Barulah lopis siap dihidangkan. Rasanya? Hmmmm….nikmat.

Lopis menjadi pilihan menu pembuka karena saya tidak terlalu menyukai gorengan. Jadi selama puasa Ramadhan ini setiap hari saya mencari jajanan yang sesuai kata hati. Jadi bukan asal ketemu jajanan terus beli. Yang penting ada cemilan untuk berbuka puasa. Oh, tidak begitu bagi saya.

Mungkin agak ribet ya? Tapi disitulah seninya. Seni berburu jajanan. Mesti sesuai kata hati dan kata lidah. Agar nikmatnya pun sampai ke hati. Haiyaaa…apaan sih. Ini sih kata saya saja. Mau tahu jajanan saya berikutnya? Nantikan cerita saya selanjutnya.

 

 

Sumber: https://tribunbatam.co.id/2020-indonesia-pasarkan-massal-mobil-listrik-buatan-sendiri/