Mendikbud : Sekolah Mahal Bukan Jaminan

Mendikbud Sekolah Mahal Bukan Jaminan

Mendikbud : Sekolah Mahal Bukan Jaminan

Mendikbud Sekolah Mahal Bukan Jaminan
Mendikbud Sekolah Mahal Bukan Jaminan

Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Sekolah-sekolah pun sedang bersiap

menyeleksi dan menyambut siswa-siswa baru yang mendaftarkan diri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua. Pertama, Muhadjir mengingatkan bahwa sekolah bukanlah pihak yang menentukan nasib seorang anak.

”Pesan saya kepada orang tua yang menentukan nasib anaknya itu orang tuanya.

Jangan menyerahkan nasib anak kepada sekolah. Sekolah itu hanya membantu orang tua,” ujarnya. Kedua, sambung dia, jangan sampai orang tua tidak tahu kondisi sekolah anak, teman bergaul sampai kegiatan sehari-hari anak di sekolah. Dalam hal ini, dia juga menekankan orang tua tidak mudah memercayai berbagai hal tersebut ke sekolah, baik sekolah yang memakan biaya murah ataupun mahal. ”Jangan dilepas begitu saja, terutama mereka yang menyekolahkan anak di sekolah mahal. Itu tidak jaminan bahwa kalau sekolah di sekolah mahal berarti semua urusan pendidikan anaknya beres oleh sekolah itu,” kata Muhadjir tegas.

Terakhir, Muhadjir juga mengingatkan orang tua terlebih dulu mengukur kualitas sekolah

yang akan dipilih untuk anaknya. ”Semua sekolah baik, tergantung orang tuanya. Kan ada delapan standar itu [yang bisa menjadi ukuran], ya gurunya, ya fasilitasnya, proses kegiatan belajar mengajarnya,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/37H92C5