Mendingan Beli Domain di Indonesia? Atau di Luar Negeri?

Mendingan Beli Domain di Indonesia? Atau di Luar Negeri?

Mendingan Beli Domain di Indonesia? Atau di Luar Negeri?

 

 Mendingan Beli Domain di Indonesia? Atau di Luar Negeri?
Mendingan Beli Domain di Indonesia? Atau di Luar Negeri?

NGONOO.com – Kalau beberapa hari ini dikau sering baca artikelnya mas Teguh tentang langkah-langkah membuat

situs direktori, dan misalnya nih kamu tertarik buat beneran bikin, domain bakal jadi salah satu kebutuhan utama. Nah, kalau dikau masih bingung mau beli domain dimana, baiknya kamu ga baca artikel ini.

Jadi, beli domain itu kan bisa dimana aja. Mau di Indonesia, atau di luar negeri sono yang entah dimana tempatnya. Mending mana coba? Di Indonesia aja atau di luar negeri aja?

Register domain dalem negeri

Kamu bisa beli domain dari perusahaan asal Indonesia. Tinggal googling atau tanya ke temen yang udah pernah register, yang recommended dimana. Kelebihan dan kekurangannya versi ane nih bero

Kelebihan

Bisa bayar pakai transfer ATM
Bisa pakai bahasa Indonesia

Kekurangan

Aktivasi domain juga kadang-kadang lambat
Propagasi biasanya lebih lama
Respon CS cenderung lebih lambat
Proses transfer lebih sulit

Utamanya si itu kayaknya. Cuma dalam praktenya sih bisa aja muncul kendala-kendala lain, atau justru kemudahan lain yang kamu dapetin. Kalau masalah aktivasi, propagasi, atau respon CS, emang tergantung keprofesionalan domain provider sih, tapi rata-rata begitu.

Register domain luar negeri

Penyedia domain di luar negeri juga ga semuanya bagus dan enak. Ada juga yang kurang enak-enak, tapi buat nama-nama seperti Godaddy, Name, Namecheap, atau nama besar lain ya rata-rata sih enak enak. Ini kelebihan dan kekurangannya versi ane lagi yaa

Kelebihan

Proses cepat
Respon ticket / CS cenderung lebih cepat
Sering diskon
Proses transfer lebih mudah

Kekurangan

Harus pake paypal, atau kartu kredit
Kalau ada masalah harus rajin translate

Tapi ya tergantung tujuan kamu sih pren, kalau tujuanya buat flipping atau dijual lagi misalnya, lebih baik belinya di

luar negeri sono biar gampang transfernya. Tapi kalau buat sendiri dan punya market Indonesia, beli di Indonesia juga enak enak, terutama tempat registernya udah diakui sama ICANN., meski baru segelintir aja di Indonesia.

Nah gitu deh kira-kira masbero, jadi kamu pilih mana? Mana aja yang penting enak..

Tetep Semangat dan Sat Set Bat Bet TM

Gambar cowok pake jas nyari nama domain via ShutterStock.

Baca Juga: