Meneliti Suara, Siswa Jabar Raih Medali di ICYS 2019

Meneliti Suara, Siswa Jabar Raih Medali di ICYS 2019

Meneliti Suara, Siswa Jabar Raih Medali di ICYS 2019

Meneliti Suara, Siswa Jabar Raih Medali di ICYS 2019
Meneliti Suara, Siswa Jabar Raih Medali di ICYS 2019

Siswa Jawa Barat (Jabar) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

Siswa Sekola Menengah Atas (SMA) Aloysius Bandung, Viona Setiawan berhasil meraih medali perak dan penghargaan poster terbaik di bidang fisika dalam ajang Lomba Penelitian Internasional “26th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2019” yang diselenggarakan di Mandarin Court Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia pada 19 hingga 25 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika turut mengapresiasi pencapaian tersebut. “Ini sangat luar biasa, semoga seluruh siswa di Jabar bisa seperti Viona. Selalu bekerja keras dan mampu berprestasi,” ucap Kadisdik saat menyambut kedatangan Viona di Bandara Husein Sastranegara, Jln. Pajajaran No. 156, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).

Kadisdik juga memuji tim pembimbing yang telah membantu Viona dalam memersiapka

n lomba tahunan ini. “Tim pembimbingnya juga luar biasa. Semoga selalu semangat mendidik siswa-siswa lainnya. Saya ucapkan selamat untuk semua,” tambahnya.

Meneliti suara

Viona menjelaskan, di ajang tersebut dirinya melakukan penelitian di bidang fisika dengan objek kajian suara. “Saya meneliti audio feedback, yakni menjadikan annoying sound yang ada di sekitar menjadi lebih bermanfaat dengan mengubahnya menjadi musik,” tutunya.

Melalui ajang tersebut, Viona mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu

yang bisa diterapkan pada penelitian selanjutnya. “Saya banyak berkenalan dengan peserta dari seluruh dunia. Selain meningkatkan skill bahasa, saya juga jadi bisa menganalisis dan memublikasikan penelitian saya lebih maksimal,” ungkapnya.

Viona pun mengajak seluruh siswa Jabar agar semangat menorehkan prestasi, khususnya di bidang penelitian. “Jangan pernah capek meriset dan jangan putus asa. Lanjutkan dan kembangkan terus riset kalian,” ajaknya.

Dalam ajang ICYS 2019 tersebut, Viona bersama 7 siswa Indonesia lainnya berhasil menyabet 2 medali emas, 1 medali perak, 1 medali perunggu, 1 penghargaan khusus, dan 3 penghargaan poster terbaik. Mereka adalah Felicia Angie Hosea (SMA Cita Hati Surabaya), Avriza Devano Bestafa (SMP Negeri 5 Yogyakarta),  Fiona Terianto, Dewi Wijayanti, Tasya Noorhaliza (SMA St. Laurensia Tangerang), Edward Liono (SMA Cita Hati Surabaya), dan Angela Stephanie  (SMK Frateran Surabaya).***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/