Mengenal Tentang Rockies Canada (Canadian Rockies)

Mengenal Tentang Rockies Canada (Canadian Rockies)

Mengenal Tentang Rockies Canada (Canadian Rockies)

Mengenal Tentang Rockies Canada (Canadian Rockies)
Mengenal Tentang Rockies Canada (Canadian Rockies)

 

Canadian Rockies adalah segmen dari pegunungan Rocky di Amerika Utara, tepatnya di Kanada Barat. Pegunungan ini lebih tua dari pegunungan Rockies di Amerika Di wilayah pegunungan Canadian Rockies ini terdapat lima Taman Nasional dan empat di antaranya, bersama dengan taman-taman di provinsi lain, membentuk kombinasi satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdiri dari pemandangan pegunungan yang indah, danau, ngarai, air terjun, gletser, puncak, gua-gua kapur serta fosil.

Gunung Robson adalah puncak tertinggi di Canadian Rockies dan mendaki itu merupakan suatu tantangan. Gunung yang indah ini merupakan surga bagi para pendaki atau pejalan kaki.

  1. Taman Nasional Kootenai

Taman Nasional Kootenai,terletak di tenggara British Columbia, Kanada. Taman ini memiliki luas yang mencapai 1.406 km ². Kootenai, bersama dengan tiga taman gunung lainnya, berada dalam rentang pegunungan Canadian Rockies. Taman nasional lainnya yang Banff, Yoho dan Jasper. Taman Nasional Kootenai didirikan pada 1920 dengan nama Kootenai Dominion Park. Di Taman Nasional Kootenai mengalir Sungai Columbia dan sungai Parke. Sasaran utama turis di taman ini adalah air panas, Danau Olive, Marmer canyons dan Sinclair, dan lain-lain. Taman ini telah terdaftar pada daftar UNESCO pada tahun 1984 bersama dengan taman nasional dan taman provinsi lainnya.

  1. Taman Nasional Yoho

Taman Nasional Yoho terletak di sebelah tenggara British Columbia di Kanada. Taman Nasional Yoho terletak di area dengan luas 1,313 km ², dan merupakan Taman Nasional terkecil dari antara keempat Taman nasional yang ada di Canadian Rockies. Di taman ini terdapat sungai utama yaitu sungai Park Kicking Horse. Taman telah terdaftar pada daftar UNESCO pada tahun 1984

  1. Taman Nasional Banff

Taman Nasional Banff, terletak di pegunungan Rockies Kanada Alberta Barat. Di dalam areal ini terdapat kota Banff. Kota ini terkenal karena pengaturannya yang spektakuler, juga terdapat museum, situs bersejarah nasional dan bangunan bersejarah, jadi  lebih dari sekedar tempat yang indah. Kota Banff merupakan pemukiman permanen tertinggi di Kanada, dan membentuk suatu komunitas yang sangat khusus. Banff juga memiliki tiga situs bersejarah (Gua & Basin, Banff Park Museum dan Bankhead) dan sejumlah bangunan bersejarah, salah satu yang terbaik sekolah seni pertunjukan di negara ini (The Banff Centre), top-notch galeri seni (The Walter Phillips Galeri dan Kanada Galeri rumah antara lain) dan sebuah museum terkenal di dunia yang mengkhususkan diri dalam seni dan sejarah dari Canadian Rockies (yang Whyte Museum Canadian Rockies). 

Margasatwa juga berlimpah di dalam Taman Nasional Banff dan banyak pengunjung yang kembali ke penginapan dengan foto-foto kenangan bersama spesies-spesies yang terdapat di Taman Nasional banff. 
Di Taman Nasional ini banyak aktifitas yang dapat dilakukan seperti bersepeda, berwisata dengan pesawat, barbecue, biliar, perahu wisata, bowling, dogsledding, menuruni bukit dan cross-country ski, memancing, golf, hiking, snowshoeing, wisata alam, berkuda , kereta kuda dan kereta luncur, gunung dan memanjat, hiking, sumber air panas dan spa, museum dan galeri seni, gondola, snocoach wisata, wisata, arung jeram, kayak dan mengambang perjalanan.

Masyarakatnya, kaya dengan karakter dan budaya, ramah dan terbuka. Ketinggian Banff townsite adalah 1.383 m (4.537 kaki), kota tertinggi di Kanada. Di areal ini juga terdapat Danau Louise dengan ketinggian 1.536 m (5.039 kaki).

  1. Taman Nasional Jasper

Taman Nasional Jasper terletak di sebelah utara Pegunungan Rocky di Alberta. Jasper, didirikan pada 1907, memiliki areal seluas 10.878 km2 di provinsi Alberta dan salah satu daerah nejdivočejším.Taman ini dihubungkan oleh Parkway Icefields sepanjang 230 kilometer, ke danau Louis di Taman Nasional Banff.  Parkway Icefields, adalah salah satu perjalanan  yang paling menakjubkan di dunia. Jalur ini terletak di antara pegunungan dan danau.

Taman Nasional Jasper merupakan rumah bagi domba gunung, rusa, kambing gunung, beruang hitam, serigala dan beberapa jenis hewan yang terancam punah, termasuk populasi beruang abu-abu, los, dan serigala karibu. Karena semua binanag di taman ini berada dalam suatu perlindungan,maka banyak binatang yang tidak takut kontak dengan manusia dan mudah didekati. Meskipun demikian berhati-hatilah! Di taman ini juga terdapat binatang buas seperti, beruang hitam dewasa. Para wisatawan tidak diperkenankan mendekati, mengikuti, atau mengganggu kehidupan alam liar.

JIKA Anda mengunjungi Taman Nasional Jasper di Alberta, Kanada, pastikan untuk tidak mengabaikan legenda misterius dari Danau Maligne dan Danau Medicine atau Danau Pengobatan.

Lansekap alam yang kuno dan indah ini telah memuat legenda yang diwariskan antara suku asli selama berabad-abad. Kedua danau ini tidak hanya memuat hal-hal yang tertangkap mata saja, tetapi balutan kisah cerita rakyat.

Berkunjung ke Danau Maligne, Anda akan menemukan Pulau Roh atauSpirit Island di tengahnya. Pulau ini tidak bisa disangkal lagi merupakan salah satu tampilan paling terkenal di pegunungan Rocky, Kanada.

Menurut sebuah mitos kuno sepasang pemuda dari dua suku yang sedang berperang, secara diam-diam bertemu di Pulau Roh setiap seminggu sekali. Namun sayang, si gadis mengaku kepada orang tuanya yang akhirnya melarang hubungan mereka. Ayahnya yang juga seorang kepala perang tidak memperbolehkan sang gadis pergi ke Pulau Roh lagi.

 Sementara sang lelaki yang patah hati terus kembali ke Pulau Roh, berharap bahwa suatu hari akan bertemu dengan kekasihnya. Tapi sang gadis tidak pernah datang dan akhirnya si lelaki meninggal di pulau itu dimana rohnya masih berada.

Di balik cerita misterinya, keindahan pulau ini tergambar dari pohon pinus dan rumput yang dibingkai oleh air biru tenang dengan batu granit kasar. Pemandangan ini telah menghiasi kartu pos yang tak terhitung jumlahnya.

Danau Maligne sendiri mempunyai panjang sekitar 22,5 kilometer dan kedalaman 97 meter pada titik terdalam semantara rata-rata kedalamannya 35 meter. Danau ini berada pada ketinggian sekitar 1.670 meter di atas permukaan laut.

Cerita yang berbeda akan Anda dapatkan di Danau Pengobatan atauMedicine Lake. Orang-orang menyebutnya sebagai Danau Pengobatan karena kekuatannya yang tampaknya ajaib.

Sementara sebuah sumber misteri dan legenda pribumi menyebutkan, danau ini mendapatkan namanya dari sistem drainase bawah tanahnya yang unik, yang membuat tingkat air bervariasi dari musim ke musim.
Selain itu, PBB menjadikan pegunungan Rocky dan danau ini sebagai bagian dari situs warisan dunia karena sistem drainase yang unik. Danau Pengobatan yang mempunyai panjang sekitar 7 kilometer adalah sebuah danau yang relatif dangkal. Danau itu merupakan bagian dari daerah aliran sungai Lembah Maligne.

Taman Nasional Jasper yang menaungi kedua danau ini buka sepanjang tahun namun mempunyai waktu buka yang berbeda pada bulan tertentu tapi umumnya buka mulai pukul 9.00 waktu setempat.

 

(Sumber: https://weareglory.com/)