Mengirim E-mail

Mengirim E-mail

Mengirim E-mail
Mengirim E-mail

Untuk mengirim e-mail dengan memanfaatkan webmail gratisan tidak terlalu sulit sepanjang kita sudah memiliki Account atau User ID di salah satu Webmail gratisan. Dalam mengirim e-mail ini sebenarnya hanya ada dua macam, mengirim e-mail dengan lampiran dan tanpa lampiran.

REPORT THIS AD

Sebagian besar pengguna e-mail atau webmail biasanya mengirim e-mail tanpa dilengkapi dengan lampiran. Namun kalau e-mail yang dikirim tersebut harus menyertakan data yang banyak, misalnya dokumen PDF, Microsoft Word atau Microsoft Excel, maka anda harus menggunakan lampiran atau Attachmant.

1.3.2.1. Mengirim E-mail Tanpa Lampiran

Untuk mengirim e-mail tanpa lampiran anda cukup menuliskan alamat di kolom TO, CC atau tembusan, dan BBC untuk tembusan berikutnya. Kemudian mengisi perihal di kolom Subject. Kemudian ketikkan surat electronik yang akan anda kirimkan di kolom sudah disediakan. Setelah selesai cukup klik tombol kirim atau Send.

Sebagai gambaran berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk mengirim e-mail tanpa lampiran.

1. Klik tombol New

2. Klik mouse di kolom To, lalu ketikkan alamat yang dituju di kolom To, misalnya aris5573@yahoo.com

3. Klik mouse di kolom CC, lalu ketikkan alamat berikutnya misalnya aris@lipi.go.id

4. Klik lagi di kolom BCC, lalu ketikkan alamat berikutnya misalnya aris@msn.com

5. Klik di kolom untuk menuliskan e-mail. Tuliskan e-mail atau surat yang akan anda dikirimkan di kolom tersebut. Setelah selesai anda periksa terlebih dahulu.

6. Klik tombol Send untuk melaksanakan pengiriman

Dengan langkah yan sudah dijelaskan diatas anda sudah bisa dan sukses mendaftar dan sudah bisa mengirimkan surat electronik atau elektronik mail. Anda juga bisa memasukkan data dan tanda tangan anda, tetapi disini tidak dijelaskan mengenai penjelasan tersebut. Namun apabila anda sudah terbiasa menggunakan e-mail hal ini dengan sendirinya akan anda kuasai.

1.3.2.2. Mengirim E-mail Dengan Lampiran

Pada prinsipnya mengirim e-mail dengan Attachment atau tanpa Attachment sama saja, hanya diperlukan sedikit pekerjaan untuk mengambil file yang akan menyertai e-mail tersebut dari komputer anda. Untuk mengirim e-mail dengan Attachment caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol New

2. Setelah itu MSN Hotmail akan menampilkan

3. Klik mouse di kolom To, lalu ketikkan alamat yang dituju di kolom To, misalnya aris5573@yahoo.com

4. Klik mouse di kolom CC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya aris@lipi.go.id

5. Klik lagi di kolom BCC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya aris@msn.com

6. Klik di kolom yang sudah tersedia, lalu tulislah e-mail atau surat yang akan anda kirimkan di kolom tersebut. Setelah selesai anda periksa terlebih dahulu

Baca Juga :