Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamur dan Debu

Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamur dan Debu

Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamur dan Debu

Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamur dan Debu
Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamur dan Debu

Walau hampir semua smartphone kini telah dilengkapi dengan fitur kamera, tetap saja penggemar fotografi memilih kamera DSLR untuk menghasilkan gambar yang lebih memukau. Tak jarang para fotografer amatir pun ikut-ikutan membeli kamera DSLR hanya demi mendapatkan foto yang mirip profesional.

Belajar menggunakan kamera DSLR memang menyenangkan, tapi yang sering dilupakan oleh fotografer amatir adalah kamera canggih macam ini juga perlu perawatan khusus. Kamera DSLR sangat rentan terkontaminasi debu dan jamur yang bisa merusak kinerjanya.

Untuk menjaga kamera DSLR Sobat Shopee selalu dalam kondisi prima dan bebas akan ancaman jamur dan debu, coba simak tips berikut ini.

 

RAJIN GUNAKAN CLEANING KIT

Cleaning Kit adalah peralatan pembersih kamera yang terdiri dari kain pembersih, cairan pembersih, kuas dengan blower, dan lain-lain. Cleaning Kit dapat dibeli di toko kamera atau online shop. Sobat Shopee dapat membersihkan setiap seluk beluk dari kamera dan disarankan untuk dilakukan secara berkala dan rutin agar terhindar dari debu dan jamur.

 

JAUHKAN KAMERA DARI AIR ATAU KELEMBABAN

Walau terdapat beberapa jenis kamera yang memiliki teknologi waterproof atau anti air tak semua kamera DSLR benar-benar kedap air. Sebaiknya Sobat Shhopee sebisa mungkin menjauhkannya dari air karena ada kemungkinan tanpa kita sadari terdapat port atau celah yang kemasukan air. Air yang masuk ke dalam celah kamera tak hanya jadi sumber terbentuk jamur tapi juga dapat mengakibatkan kerusakan internal.

 

TAS KHUSUS KAMERA

Fungsi utama dari tas khusus kamera selain sebagai solusi menyimpan seluruh keperluan fotografi Sobat Shopee saat dalam perjalanan tapi juga melindunginya dari benturan. Ini karena Tas khusus kamera umumnya dilengkapi sekat dengan busa tebal guna melindungi kamera.

 

ENS HOODL

Sebaiknya saat anda melakukan pemotretan outdoor gunakanlah Lens Hood. Lens Hood berfungsi mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Cahaya yang berlebih mengakibatkan berkurangnya kepekaan sensor kamera.

 

Sumber : https://ngelag.com/