PENGERTIAN ETIKA PANCASILA

PENGERTIAN ETIKA PANCASILA

PENGERTIAN ETIKA PANCASILA

PENGERTIAN ETIKA PANCASILA

Salah satu cabang ilmu dalam etika adalah membahas segala permasalahan baik dan buruk. Meliputi kajian praktis yang menyentuh segala moralitas sebagai perbuatan yang dilakukan secara sadar dengan unsur normatif. Perlakuan ini dengan dasar nilai-nilai norma yang ada pada masyarakat agar mengatur segala masyarakat dalam perbuatan baik dan buruk.

Etika Pancasila sendiri adalah etika yang mendasar untuk melakukan penilaian dalam perbuatan baik dan buruk. Pada Pancasila memiliki banyak sekali nilai seperti nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Tentu segala perbuatan baik harus berdasarkan nilai pancasila yang ada dan selurus dengan aturannya.

Dalam etika pancasila, seluruh komponen yang ada membahas tentang nilai-nilai dasar pada kehidupan manusia tersebut. Refleksi tentang bagaimana moral dari filsafat ini, harus dapat dijawab dengan rasional dan bertanggung jawab. Melakukan segala etika ini maka akan memberikan dampak dalam nilai-nilai moral yang ada di dalam diri.

  • Nilai Ketuhan

Pada etikanya, hal ini adalah hal bersifat mutlak dan tidak bisa dirubah. Jika melakukan pelanggaran dengan hal ini, maka akan berdampak buruk bagi hubungan yang ada di dalam manusia dan alam. Segala sesuatunya harus selurus dengan hal yang didasari dengan kaedah dan hokum yang berasal dari Tuhan. Biasanya jika ada pelanggaran akan terjadi konflik dan permusuhan yang berjalan panjang.

  • Nilai Kemanusiaan

Dalam hidup, jika sesuai dengan nilai kemanusiaan ini maka akan sesuai dan berjalan baik. Hal ini tentu saja merupakan prinsip dari sila kedua dalam menganggap kemanusiaan dengan adil dan beradab. Keadilan yang ada digunakan untuk menyelaraskan segala komponen yang ada dalam masing-masing individu. Jika nilai ini bisa dijalankan dengan baik maka akan sesuai dengan konsep yang seharusnya.

  • Nilai Persatuan

Etika ini adalah untuk memerangi sikap egois yang ada pada masing-masing individu. Sikap egois dapat memecah belah kehidupan yang ada baik antara sesame dan antara kelompok. Memberikan dampak yang mampu memecah belah tentu sangat melanggar nilai persatuan yang ada di Pancasila. Jadi perbuatan yang mampu memperkuat persatuan adalah hal yang baik.

  • Nilai Kerakyatan

Dalam sila nomor 4 mengenai nilai kebijaksanaan dan permusyawaratan ini memiliki makna kebaikan yang sangat tinggi. Pandangan hidup berupa pernyataan adanya mayoritas dan minoritas akan hilang dan membuat kehidupan lebih baik. Perbuatan baik yang ada, untuk memberikan manfaat yang banyak bagi banyak orang sesuai dengan jalur musyawarah tersebut. Sehingga lebih bisa bermanfaat untuk orang banyak

  • Nilai Keadilan

Untuk nilai keadilan pada sila kelima adalah keadilan untuk individu yang ada pada manusia tersebut. Bidang sosial adalah arah dimana sila ini bisa diterapkan dan dijalankan. Keadilan yang ada harus dituntut agar sesuai agar seluruh warga negara mendapat perlakuan yang sama.

Etika Pancasila juga sangat baik untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, berikut manfaatnya :

  1. Menentukan nilai etika dan moral dalam kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat
  2. Sebagai landasan bagi seluruh bangsa untuk menjalankan segala kehidupan berbangsa dalam segala aspek
  3. Untuk kerangka acuan sebagai mengevaluasi pelaksanaan nilai-nilai yang ada pada etika dan moral. Karena ini penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :