PENGERTIAN ETIKA PROFESI

PENGERTIAN ETIKA PROFESI

PENGERTIAN ETIKA PROFESI

Etika Profesi memiliki arti yaitu sikap etis sebagai bagian integral mengenai sikap hidup untuk menjalani kegiatan hidup sesuai dengan pengembanan profesi tersebut. Hal ini merupakan salah satu percabangan jelas dari cabang filsafat dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar. Prinsip tersebut seperti prinsip dasar moral dan norma yang etis secara umum pada bidang khusus kehidupan manusia.

Sesuai Namanya maka ini berkaitan sangat dengan suatu hal yang manusia kerjakan yaitu profesi (pekerjaan). Sehingga diharuskan untuk menjaga profesi yang ada dihadapan masyarakat atau pengguna (konsumen atau objek). Etika ini biasanya disesuaikan dengan pekerjaan seperti jurnalistik, sains, medis, teknik, dan profesi penuntut lainnya.

Prinsip dasar dalam etika profesi :

  • Sikap Keadilan

Adanya sikap untuk adil ini berdampak dengan layanan yang diberikan, agar seluruh individu bisa mendapatkan hak yang sudah seharusnya.

  • Tanggung Jawab

Bertanggung jawab disini juga untuk pekerjaan dan hasil yang didapatkan. Dampak pada profesi tentu saja untuk kehidupan orang lain dan masyarakat secara umum.

  • Rahasia

Ini adalah untuk merahasiakan segala jenis informasi yang ada pada kegiatan profesi.

  • Profesional

Sikap untuk selalu profesional merupakan hal yang wajib dilakukan dengan konsisten untuk menjalankan profesi.

  • Kompetensi

Ini dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang ada agar selalu sesuai dengan ketekunan, kompetensi, dan profesionalnya


Sumber: https://www.makassartv.co.id/2020/04/28/banana-island-apk/