Pengertian Gas Adalah

Pengertian Gas Adalah

Pengertian Gas Adalah

Pengertian Gas Adalah
Pengertian Gas Adalah

Gas adalah

Suatu fase benda dalam ikatan molekul yang sangat renggang pada suhu tertentu, biasanya titik uap suatu zat. Gas mempunyai kemampuan untuk mengalir dan dapat berubah bentuk. Namun berbeda dari cairan yang mengisi pada besaran volume tertentu, gas selalu mengisi suatu volume ruang, mereka mengembang dan mengisi ruang di manapun mereka berada. Tenaga gerak/energi kinetis dalam suatu gas adalah bentuk zat terhebat kedua (setelah plasma). Karena penambahan energi kinetis ini, atom-atom gas dan molekul sering memantul antara satu sama lain, apalagi jika energi kinetis ini semakin bertambah.

Kata “gas” kemungkinan diciptakan oleh seorang kimiawan Flandria sebagai pengejaan ulang dari pelafalannya untuk kata Yunani, chaos(kekacauan).

Berbagai Macam Gas dan Manfaatnya :

GAS CO2
Industri makanan dan minuman
Dapat kita lihat pada pembuatan roti yang berfungsi sebagai pengembang roti dengan bantuan ragi. Untuk produk minuman khususnya yang bersoda.
Bahan pemadam kebakaran
CO2 di semburkan pada api melalui selang pemadam kebakaran sehingga api tidak terkena kontak dengan oksigen sehingga dapat menghentikan api.

 

GAS KLOR

Klorin adalah bahan kimia yang di gunakan sebagai desinfektan dan pemutih. Pada suhu ruangan, klorin berbentuk gas yang berwarna kuning kehijauan dan mempunyai bau yang tajam.

Klorin biasanya di gunakan untuk air mand, kolam renang, air minum, karena klorin memiliki efek membunuh kuman dan bakteri E.Coli dan harganya pun sangat murah. Selain itu klorin juga bisa di gunakan untuk memutihkan baju. Di pasaran klorin di kemas dalam bentuk berbagai merk pasar yang mudah sekali bisa kita temukan.

GAS OKSIGEN

Kita tahu bahwa tidak ada satu makhluk hidup di bumi yang tidak butuh oksigen. Tanaman akan tumbuh baik jika tanahnya mengandung oksigen. Ikan dan semua semua makhluk hidup hidup karena oksigen.

GAS NITROGEN

Merupakan gas yang tersedia di alam namun tidak memiliki sifat merusak. Udara yang kita hirup sehari-hari sebanyak 78% adalah Nitrogen. Unsur Oksigen justru kurang dari 21%. Sisanya adalah uap air, CO2 dan konsentrasi gas mulia seperti argon dan neon yang bisa kita abaikan keberadaannya. Karena sifatnya tidak merusak dan tidak mudah terbakar, Nitrogen menjadi pilihan bagi F1, MotoGP, dan Industri Pesawat Terbang untuk menjadi gas pengisi ban. Kelebihan Nitrogen adalah performa ban ditunjukan dengan tekanan udara stabil (tidak terjadi peningkatan temperatur akibat cuaca panas dan lamanya berkendaraan), daya cengkram pada permukaan aspal, dan elastisitas (kelenturan) karet ban sehingga terasa lebih nyaman. Sehingga untuk menjaga performa tersebut dibutuhkan gas Nitrogen karena memiliki keunggulan dibandingkan oksigen

HIDROGEN (H2)

Hidrogen merupakan gas paling ringan di dunia sehingga sering dipakai sebagai pengisi balon udara. Di alam, gas hidrogen dapat ditemukan di lapisan atmosfir dalam jumlah yang sangat kecil. Sedangkan dalam skala industri, hidrogen dapat diproduksi dari senyawa hidrokarbon dan air.
Manfaat hydrogen antara lain : Bidang energi: merupakan sumber energi bersih, karena tidak meninggalkan residu atau emisi gas berbahaya, yang dihasilkan hanya air. Digunakan pula sebagai bahan baker roket.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/