Perkembangan dan Sejarah Kelapa di Indonesia

Perkembangan dan Sejarah Kelapa di Indonesia

Perkembangan dan Sejarah Kelapa di Indonesia

Sejak dahulu kala kelapa telah dikenal dikepulauan indonesia dan kepulauan dilautan pasifik. Wajarlah bila para ahli yang mengatakan bahwa asal mula tanaman kelapa dari daerah lautan pasifik (New Zealand), amerika selatan, atau indonesia, karena tanaman kelapa terutama tumbuh baik pada daerah katulistiwa dengan suhu sekitar 27oC. Sebelum indonesia merdeka (pada tahun 1940), maka produksi kelapa diluar pulau jawa mencapai 750.000 Ton, yang umumnya diolah menjadi kopra. Sedangkan produksi dari pulau jawa, sekitar 450.000 Ton kebanyakan di pergunakan untuk minyak kampung dan keperluan dapur (konsumsi segar). Apabila kegunaannya selain untuk minyak, dapat dipergunakan sebagai bahan pembuat sabun, lilin, ataupun untuk bahan ramuan obat obatan. Oleh karena itu, wajarlah bila saat ini banyak yang mencari bibit kelapa unggul terutama kelapa hibrida dari badan badan pembuat bibit, misalnya Lembaga Penelitian Industri.

Sebenarnya kelapa hibrida sebagai kelapa unggul sudah dikenal lama. Usaha pemulian tanaman kelapa di Indonesia melalui proses persilangan (Hibridisasi) mulai di rintis sejak tahun 1955. Lantaran usaha tersebut terbentur sarana dan keuangan maka kegiatannya terputus dan dilanjutkan kembali pada tahun 1973. Badan kerjasama yang menangani adalah FAO/UNDP dengan pemerintah indonesia.

Lembaga penelitian Tanaman industri mulai pada tahun 1974 melakukan survei plasma nutfah guna mendapatkan pohon induk dan bapak yang memenuhi persyaratan. Pemilihan pohon induk berdasarkan banyaknya produksi buah, ukuran, dan berat buah, tebal daging, kadar kopra, resistensi terhadap hama penyakit dan sifat Fenotip serta genotip yang lain. Survei dilakukan dijawa tengah, jawa barat, aceh sumut, lampung, sulawesi selatan dan kalimantan barat.

  1. Klasifikasi Kelapa

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas: Arecidae

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae (suku pinang-pinangan)

Genus: Cocos

Spesies: Cocos nucifera L.

sumber :

Game Studio Tycoon 2 4.3 Apk + Mod