Rasio Antara bebek Pejantan dan Bebek betina sesuai

Semakin banyak pejantan maka semakin baik tetapi semakin tinggi pula persaingan antara sesama pejantan sehingga malah mengganggu proses perkawinan. Kebanyakkan peternak menggunakan rasio jantan : betina 1:8 untuk menghasilkan telur dengan fertilitas yang baik.

 

Perhatikan asal dan usia Pejantan

 

Semua pejantan sebaiknya berasal dari tempat yang sama dengan usia yang sama untuk meminimalisir persaingan antara sesama pejantan.

 

  • Keturunan Indukan

 

Pejantan dan betina sebaiknya memiliki hubungan kekerabatan yang jauh untuk menghindari perkawinan sedarah yang menurunkan sifat letal/cacat bawaan.

 

  • Nutisi Pakan Indukan

 

Pakan indukkan harus tercukupi nutrisinya dan lebih baik lagi bila ditambah vitamin dan bahan pakan yang dapat meningkatkan fertilitas itik pejantan seperti tepung kulit manggis, talas, kecambah dll.

 

  • Intensitas cahaya Untuk Pejantan

 

Bebek pejantan sebaiknya menerima sinar matahari/lampu sebanyak 12 jam lebih sehari untuk meningkatkan fertilitas.

 

  • Proses Pemanenan dan penyimpanan Telur

 

Diperlukan penanganan telur yang baik agar telur tetap fertil seperti menyimpan pada suhu 15°C dan menjauhkan dari bahan yang bersifat asam, tetesan air hujan dsb.

 

3. telur harus bersih dan tidak retak
Kerabang telur kotor dan retak kurang diminati konsumen telur bebek dan juga mengurangi daya tahan telur akibat cemaran bakteri. Telur kotor juga ibarat buah simalakama, bila dibersihkan terlebih dengan air dan alat kasar dapat merusak selaput pelindung telur dan merusak embrio telur. Bila tidak dibersihkan penampakkan telur buruk dan seringkali masih ada sisa bakteri yang dapat mengganggu proses penetasan. Lalu bagaimana caranya donk? Tenang setiap masalah pasti ada jawabannya hahaha kayak mario teguh aja…
Pembersihan telur usahakan dengan air hangat atau suhu diatas suhu telur yakni sekitar 22°C dan ditambahkan rebusan daun sirih . Air dingin akan memaksa telur kontraksi dan mendorong air dan mikroba masuk kedalam telur sementara daun sirih berfungsi sebagai antiseptic yang mematikan bakteri/mikroba. Telur retak jika ditetaskan juga bisa meledak dan mengotori telur yang lain. Sebenarnya ada cara agar kita tidak perlu membersihkan telur dan menjaga agar telur tidak retak. Yuk mari kita simak sama-sama.
Telur kotor dan retak terjadi bila alas kandang kotor, becek, tidak porous/menyerap air, keras/padat dan terinjak-injak bebek. Nah jadi kita harus membuat cara bagaimana alas kandang kita dapat sesuai dengan kebutuhan tersebut dan bebek tidak bertelur disembarang tempat. Alas kandang bebek petelur umumnya berupa lantai tanah, maka untuk menghasilkan telur bersih dan tidak retak ada baiknya bila kita membuat sarang penetasan/tempat bertelur dengan perbandingan 1 sarang untuk 4 ekor bebek. Bahan sarang bisa terbuat dari triplek dengan dibuat kotak bersekat dengan panjang dan lebar kira2 seukuran tubuh bebek lebih sedikit. Tinggi sarang diusahakan dibawah tinggi badan bebek sehingga tidak digunakan untuk tidur dan mengotori sarang. Alas tempat bertelur sebaiknya diberi tambahan bahan yang memiliki sifat kering, menyerap air, bebas jamur & kotoran, tidak mudah habis, tidak beracun bila termakan itik, murah & mudah didapat serta mudah dibersihkan.
Bahan yang bisa digunakan sebagai alas sarang adalah sekam, jerami, tongkol jagung, serutan kayu, potongan koran dll. Sebelum diberi alas lantai kandang dibersihkan dan diberi desinfektan kemudian diberi kapur untuk mematikan bakteri patogen dan menurunkan ph tanah sehingga produksi amonia berkurang dan kandang tidak bau. Setelah pemberian kapur dapat diberi pasir jika lantai tanah anda tidak berpasir agar lebih porous/menyerap air baru kemudian diberi alas kandang tadi. Alas kandang/litter terbaik untuk tempat bertelur menurut pengalaman adalah serutan kayu. Setelah sarang/tempat bertelur siap kadang itik tidak mau bertelur ditempat tersebut, hal ini dapat kita akali dengan meletakkan 1-2 butir telur pada sarang agar menjadi contoh bebek dimana dia harus bertelur. Jadi gak perlu kita yang nongkrong disarang ya hehehe…Bila alas sarang tersebut telah kotor, basah atau menggumpal sebaiknya diganti dengan alas sarang yang baru untuk hasil yang terbaik.
4. Supaya kuning telur orange
Harga telur bebek dengan kuning telur orange relatif lebih mahal 200-500 rupiah dibandingkan dengan telur yang memiliki kuning telur pucat. Warna kuning telur orange/merah disebabkan oleh kandungan karoten pada telur. Karoten banyak terkandung dalam pigmen xanthopil yang terdapat pada kelopak bunga & buah tanaman hijau, pada rangka luar crustacea hewan/serangga, bagian bulu beberapa spesies burung, tanaman air, ikan salmon dan produk susu. Ciri sederhana yang bisa kita amati dari bahan pakan dengan kandungan karoten tinggi adalah warna bahan pakan tersebut kuning/merah atau bila bahan pakan tersebut direbus akan berubah warna menjadi merah.
Untuk cara praktis menghasilkan telur dengan kuning telur orange/merah anda dapat menggunakan konsentrat yang sudah ditambahkan pigmen tersebut semisal 144 red, golden egg, kip dsb. Cara terbaik adalah memberikan asupan pakan alami dalam ransum itik seperti tepung /limbah udang, rejung/kejung, tepung cangkang kepiting, spirulina, tepung wortel, jagung kuning/orange, alfaalfa dsb.