RUKUN ISLAM

RUKUN ISLAM

 

RUKUN ISLAM
RUKUN ISLAM

Rukun Islam

adalah kewajiban pokok paling mendasar yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim dan tidak boleh ditinggalkan. Rukun Islam ini meliputi 5 perkara yaitu :

Mengucapkan dua kalimat syahadat dan menerima bahwa Allah SWT itu Esa dan Nabi Muhammad SAW itu rasul Allah.
Menunaikan salat lima kali sehari.
Mengeluarkan zakat.
Berpuasa pada bulan Ramadan.
Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu
Berikut ini Penjelasan mengenai rukun Islam :

Syahadat

Rukun pertama : Bersaksi tidak ada Tuhan yang berhak disembah secara hak melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Syahadat merupakan pintu masuk menuju Islam; syarat sahnya iman adalah bersaksi dengan dua kalimat syahadah.Syahadat (persaksian) ini memiliki makna mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya

Shalat

Shalat lima waktu sehari semalam merupakan perintah Allah Swt yang disyariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.

Allah mensyariatkan dalam Shalat, suci badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk Shalat. Maka seorang muslim membersihkan diri dengan air suci dari semua barang najis seperti air kecil dan besar dalam rangka menyucikan badannya dari najis lahir dan hatinya dari najis batin.

Puasa Ramadhan

Rukun islam yang selanjutnya yaitu puasa pada bulan Ramadhan yaitu bulan kesembilan dari bulan Hijriyah. Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) dan segala hawa nafsu hingga terbenamnya matahari selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Zakat

Rukun islam yang selanjutnya adalah mengeluarkan zakat. Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerimanya yaitu 8 asnaf atau golongan sebagaimana yang diterangkan dalam Al Qur’an
Allah SWT berfiman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (At Taubah: 103)

Baca Juga: https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-ayat-kursi-beserta-terjemahan-dan-keutamaannya-lengkap/

Haji

Rukun Islam kelima adalah menunaikan ibadah haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup bagi yang mampu. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah.Kewajiban sekali seumur hidup dan bagi yang mampu ini merupakan kasih sayang Allah kepada umatnya yang tidak memiliki kemampun untuk berhaji. Namun sekurang kurangnya bagi yang tidak mampu pun harus memiliki niat dan keinginan untuk melaksanakannya.