Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW
Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Sobat, Sang terkasih Allah yakni Nabi Muhammad SAW memang sudah wafat selama bertahun-tahun. Namun kerinduan terhadap Beliau rasanya tidak lekang oleh waktu. Umatnya kini tetap saja merindukan beliau meski sekalipun tidak pernah berjumpa. Barang-barang yang Rasulullah tinggalkan, mungkin akan menjadi sesuatu yang mengobati rindu kita kepada nabi yang lahir pada abad 570 Masehi, dan wafat 8 Juni 632 Maseh ini. Berikut ini terangkum dalam Sejarah Benda-Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Gambar berikut ini konon dianggap merupakan benda-benda peninggalan Nabi Allah yang dihimpun dari berbagai tempat yang pernah didatangi Nabi. Benda ini tersimpan rapi di musem dunia seperti Museum Topkapy di Istanbul Turki, Yordania, Irak, dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

  1. Baju Gamis yang Sudah Robek

  2. Koleksi Sorban Nabi Muhammad SAW

  3. Koleksi Sandal Nabi Muhammad SAW

  4. Cap Surat Rasulullah

  5. Mangkuk Rasulullah

  6. Topi Besi Raulullah

  7. Surat Rasulullah SAW kepada Raja Najashi, Raja Habsyah

  8. Janggut dan Kumis Nabi Muhammad

Janggut ini disebut-sebut dicukur langsung dari dagu nabi oleh tukang cukur pribadinya bernama Salman. Dia juga menjadi tukang cukur langganan sahabat Muhammad lainnya seperti Abu Bakar as-Sidik dan Ali bin Abi Thalib.

Janggut ini punya nama yakni Sakali Serif. Benda itu kini disimpan dalam sebuah kotak kaca di Museum Topkapi, Turki.

  1. Jejak dan Telapak Kaki Nabi Muhammad

Kemana saja Rasulullah melangkah jejak kakinya tertinggal beberapa senti di atas tanah, pasir, mau pun rerumputan.

Beberapa jejak diklaim punya nabi berada di pelbagai tempat di Timur Tengah. Mulai dari masjid, hingga museum. Namun paling teruji keasliannya yakni berada di museum Topkapi, Turki.

  1. Busur Panah Nabi Muhammad SAW

  2. Pedang Nabi Muhammad SAW

  3. Makam Nabi Muhammad SAW

  4. Gigi Nabi Muhammad SAW

Beberapa gigi Nabi juga bisa kita jumpai di museum Topkapi, Turki. Konon semasa hidupnya sang Nabi Allah kehilangan empat giginya saat Perang Uhud. Namun dari empat giginya yang hilang, hanya dua yang berhasil di temukan di bukit Uhud, Madinah, Arab Saudi.

  1. Rambut Nabi Muhammad

Menurut kesaksian para sahabat, Rasulullah memiliki rambut yang panjangnya sampai ke bahu. Rambutnya tebal dan sering rontok. Jika sudah rontok, biasanya para sahabat mengutipnya untuk kemudian disimpan. Beberapa helai rambut Nabi bisa dijumpai di museum Topkapi, Turki.

Nah Sobat, semoga dengan berbagai gambar benda peninggalan Nabi Muhammad diatas, dapat mengobati kerinduan kita terhadap Beliau. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Baca juga artikel: