Siapa tim sukses anda?

Di masa-masa awal pendirian sebuah bisnis, tentunya akan banyak halangan yang menghampiri. Karena itu penting sekali adanya partner yang bisa anda percayai dan yang menginginkan kesuksekan untuk anda sebagai teman berdiskusi. Tanyakan ke diri anda, siapakah tim sukses yang bisa mendorong anda untuk sukses. Apakah anda yakin anda bisa melakukan semuanya sendiri? Jika anda tidak yakin, carilah orang-orang yang bisa di ajak kerjasama.

  1. Modal apa yang saya perlu?

Surveylah modal-modal termurah dan termudah yang bisa anda miliki untuk mensukseskan bisnis anda. List lah semua keperluan yang anda miliki dan carilah tahu dari mana anda bisa mendapatkannya.

  1. Berapa lama saya bisa balik modal atau mendapat untung?

Hitunglah modal dan hitunglah kapan kira-kira anda bisa balik modal dari pengeluaran yang sudah dikeluarkan. Jika balik modal memerlukan proses yang lama, maka anda harus menyiapkan dana cadangan sebelum balik modal atau keuntungan ini datang.

  1. Seberapa perjuangan yang diperlukan untuk mewujudkan ide ini?

Tanyakanlah pertanyaan ini kepada diri anda, apakah untuk mewujudkan ide ini anda perlu waktu yang banyak dan modal yang banyak? Sebagai contoh, anda mungkin ingin membuat satu software yang bisa dijual sangat mahal tapi memerlukan waktu yang sangat lama untuk mewujudkannya ataukah anda lebih memilih menjual produk yang sangat simpel tapi anda bisa menjualnya saat itu juga?. Manakah menurut anda yang lebih menguntungkan?

sumber :
https://ruangseni.com/picsart-pro/