BLT

Syarat-syarat Mendapatkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan

Adanya informasi tentang Bantuan Lansung Tunai (BLT) untuk orang yang terdaftar Aktif sebagai anggota/peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji dibawah Rp.5.000.000 untuk karyawan swasta, banyak orang yang ingin tahu cara mendapatkan bantuan BLT,  cara cek bantuan BLT, syarat BLT dari pemerintah dan BPJS. Untuk memastikan kamu salah satu yang berhak Menerima bantuan lansung tunai (BLT) atau dana BPJS Ketenagakerjaan, pastikan kamu telah / masih terdaftar aktif sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek status keanggotaan bpjs ketenagakerjaan bisa lewat website dan aplikasi mobile. Untuk mempermudah kamu mengecek kepesertaan sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan.
Syarat-syarat-Mendapatkan-Bantuan-Lansung-Tunai-BLT-BPJS-Ketenagakerjaan

Cara cek status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan lewat website

Langkah pertama untuk memastikan apakah kamu telah terdaftar / masih terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, silahkan cek melalui situs berikut ini
  • Silahkan kamu buka situs
  • https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id”
  • Apabila kamu belum terdaftar pada laman tersebut, bisa lansung mendaftar dengan cara klik menu ” Daftar” atau klik menu “Registrasi
  • Isi/Lengkapi data yang diminta pada formulir pendaftaran
  1. Masukan Nomor KPJ yang masih aktif
  2. Isi Nama lengkap
  3. Isi tanggal lahir
  4. Isi Nomor E-KTP
  5. Isi nama Ibu kandung
  6. Masukan Nomor Hp yang masih aktif
  7. Masukan alamat email yang masih akyif
Setelah proses pendaftaran berhasil, kamu akan mendapatkan PIN yang dikirim lewat sms dan email yang terdaftar.

Cara Mengecek Kepesertaan /Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan Via aplikasi BPJSTK Mobile

  • Pastikan kamu mempunyai aplikasi BPJSTK. Bila belum lansung download lewat playstore dan tunggu hingga install aplikasi BPJS berhasil/selesai
  • Untuk mendapatkan PIN kamu harus melakukan pendaftaran
  • Agar kamu bisa mendaftar pastikan kamu masih mempunyai Nomor KPJ yang bisa kamu temukan pada kartu BPJS. Setelah itu masukan nama lengkap, nama ibu kandung, tanggal lahir dan nomor E-KPT
  • Apabila pendaftaran telah berhasil, silahkan login
  • Silahkan lihat status kepesertaan anggota bpjs ketenagakerjaan apakah masih aktif atau tidak
  • Selesai
Bantuan Lansung Tunai dari pemerintah dan BPJS ketenagakerjaan diberikan pada karyawan swasta sebesar Rp.600.000, dengan gaji dibawah Rp.5.000.000, selain itu penerima bantuan lansung tunai (BLT) yang telah mempunyai rekening tabungan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Adapun Bank BUMN tersebut adalah
  • Bank Negara Indonesia (BNI)
  • Bank Mandiri (Persero)
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  • Bank Tabungan Negara (TBN)
Karyawan yang mendapatkan bantuan lansung tunai (BLT) dengan jumlah Rp.600.000 perbulan selama empat bulan. Sehingga karyawan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan total bantuan sejumlah Rp.2.400.000 selama empat bulan (total empat bulan= Rp.2.400.000), untuk pencairan blt akan dilakukan secara bertahap yaitu dua tahap.

Siapa Saja yang mendapatkan bantuan lansung Tunai

Berdasarkan informasi yang admin temukan dari berbagai sumber, oran yang akan mendapatkan bantuan BLT atau bantuan subsidi karyawan Rp.600.000 adalah sebagai berikut
  • Warga Negara Indonesia (Mempunyai KTP) sebagai identitas
  • Terdaftar aktif sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan
  • Pekerja/buruh/penerima upah
  • Kepesertaan aktif di BPJS Ketenagakerjaan hingga bulan juni 2020
  • Peserta aktif bpjs ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan jumlah iuran yang dihitung berdasarkan gaji dibawah Rp.5.000.000 sesuai gaji terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan
  • Masih mempunyai rekening tabungan yang masih aktif
Nah demikinlah yang dapat admin ulas dalam artikel singkat ini semoga bermanfaat, banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel. Untuk informasi jelas dan lengkap kamu bisa membaca di situs resmi bpjs ketenagakerjaan.