Teori A.W. Phillips

Teori A.W. Phillips

Menurut Amir (2007), menjelaskan bahwa teori Phillips muncul karena pada saat tahun 1929, terjadi depresi ekonomi Amerika Serikat , hal ini berdampak pada kenaikan inflasi yang tinggi dan diikuti denfan pengangguran yang tinggi pula. Dari hasil pengamatan yang dilakukan , ternyata ada hubungan yang erat antara inflasi dengan timgkat pemgamgguran. Jika inflasi tinggi, pengangguran pun akan rendah.

2.5 Hubungan Antara pengangguran dan Inflasi

Hubungan antara inflasi dan pengangguran banyak diperoleh dari hasil penelitian empiris di beberapa Negara. Amir (2008) melakukan penelitian tentang pengaruh inflasi terhadap pengangguran di Indonesia menggunakan data tahun 1980 hingga 2005. Dengan menggunakan metode OLS hasil penelitian beliau tidak berhasil memperoleh bukti adanya pengaruh inflasi terhadap pengangguran.

Kitov (2007) meneliti hubungan antara inflasi daan pengangguran di Jepang dengan menggunakan data pengangguran dan indeks harga konsumen Jepang tahun 1982 hingga 2006. Dengan menggunakan model regresi diperoleh kofisien regresi yang bernilai negative sebesar -0,94 dengan konstanta 0,0041. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan antara inflasi dan pengangguran pada perekonomian Jepang. Berdasarkan uraian diatas Endang Setyowati menyimpulkan bahwa: ada hubungan kausal antara inflasi dengan pengangguran di Indonesia.

sumber :

https://9033700kg.com/combat-squad-apk/