Weaknesses (kelemahan)

Threats (ancaman atau hambatan).

Ancaman merupakan kebalikan dari sebuah peluang, ancaman meliputi faktor-faktor lingkungan atau faktor-faktor laiannya yang tidak menguntungkan bagi sebuah Mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI. Jika sebuah ancaman tidak ditanggulangi maka akan menjadi sebuah penghalang atau penghambat bagi maju dan peranannya sebuah lembaga pendidikan itu sendiri. Contoh faktor yang menjadi ancaman tersebut adalah minat peserta didik baru yang menurun, motivasi belajar peserta didik yang rendah, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan tersebut dan lain-lain. Hal-hal yang menjadi ancaman dalam pembelajaran Aqidah Akhlak meliputi:

  1. Kurangnya waktu atau waktu yang disediakan terbatas sedang materi begitu padat dan memang penting sering kali tidak dapat disampaikan secara maksimal, oleh karena itu waktu yang disediakan hendaaknya bisa lebih panjang.
  2. Antara harapan dan kenyataan Aqidah Akhlak di MA kelas XI memang kurang ideal karena kebanyakan para pendidik menggunakan metode ceramah dan hafalan yang berakibat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik hanya terbatas.
  3. Sedikitnya guru profesional yang benar-benar mendalami materi Aqidah Akhlak atau ketidak sesuaian materi yang diajarkan dengan keilmuan yang dipelajari sewaktu menempuh program sarjana. Hal ini merupakan kelemhan dan sekaligus ancaman terhadap materi pelajaran Aqidah Akhlak
  4. Penggunaan metode yang tidak efektif dan efisien yang menimbulkan kejenuhan belajar pada siswa.
  1. Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Aliyah

Penggunaan metode yang digunakan oleh para guru biasanta hanya menggunakan metode yang tetap atau monoton. Padahal pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ini, guru harus menggunakan metode yang bervariasi. Sehingga para murid dulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan juga dalam mempraktikkannya murid juga tidak banyak dalam hal tersebut. Padahal mata pelajaran ini banyak menekankan pada aspek perilaku yang dihasilkan atau yang dilakukan oleh siswa

  1. Penyelesaian Masalah Terhadap Problematika Pengajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Setelah diketahui adanya problematika seperti pada uraian di atas, maka diperlukan adanya tindakan dalam memecahkan masalah tersebut agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga kompetensi dasar dapat dicapai. Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Adapun alternatif dalam penyelesaian masalah dalam pengajaran Aqidah Akhlak antara

sumbe r:

Adobe Photoshop Sketch 2.2.253 Apk for android