Weaknesses (kelemahan)

 Weaknesses (kelemahan).

Weaknesses (kelemahan)

Kelemahan adalah hal yang wajar dalam segala sesuatu tetapi yang terpenting adalah bagaimana sebagai penentu kebijakan dalam lembaga pendidikan bisa meminimalisasi kelemahan-kelemahan tersebut atau bahkan kelemahan tersebut menjadi satu sisi kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lain. Kelemahan ini dapat berupa kelemahan dalam sarana dan prasarana atau sumber daya pendidik dan isi dalam materi pembelajaran, kualitas atau kemampuan tenaga pendidik, hal-hal tersebut meliputi:

  1. Materi Aqidah Akhlak,  terfokus pada pengayaan pengetahuan (kognitif) dan  dalam pembentukan sikap (afektif). Dalam implementasinya juga didominasi oleh tujuan pada aspek kognitif dan afektif dan sampai pada tingkat psikomotorik
  2. Kurangnya dan Lemahnya tenaga pengajar yang professional dalam bidang pelajaran Aqidah Akhlak di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Banyak guru yang tidak dapat mencerminkan sikap atau perilaku yang berakhlak baik
  3. Lembaga pendidikan swasta yang pada umumya kurang bisa menangkap peluang, sehingga mereka hanya puas dengan keadaan yang dihadapi sekarang ini.
  4. Muatan materi yang sangat banyak karena untuk menjelaskan secara detail terhadap suatu peristiwa jutru mengakibatkan kesulitan belajar yaitu sulit untuk mengingat pelajaran yang diberikan.
  5. Kurangnya keikutsertaan guru mata pelajaran lain dalam memberi motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-­nilai Aqidah maupun Akhlak dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Minimnya berbagai sarana pelatihan dan pengembangan, serta rendahnya peran serta orang tua peserta didik.
  1. Opportunities (Peluang).

Peluang adalah suatu kondisi keadaan atau lingkungan eksternal yang menguntungkan bahkan menjadi formulasi dalam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Hal-hal yang menjadi peluang dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah aliyah kelas XI tersebut meliputi:

  1. Memberi peluang peserta didik untuk menjadi lebih humanis, untuk mempertinggi harkat manusia merupakan dasar filosofi, dasar teori, dasar evaluasi dan dasar pengembangan program pendidikan.
  2. Memberi ibrah pelajaran untuk mewujudkan dalam amal perbuatan, serta dalam rangka membangun sikap terbuka dan toleran atau semangat ukhuwah Islamiyah dalam arti luas.
  3. Secara historis dan realitas, mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, bahkan merupakan komunitas muslim terbesar di seluruh dunia. Ini adalah peluang yang sangat strategis bagi pentingnya meningkatkan pengembangan materi Aqidah Akhlak di lembaga-lembaga pendidikan Islam.

sumber :

SBK16 Official Mobile Game 1.4.2 Unlocked Apk + Data